Inflasi Jember Tertinggi di Jatim, BPS Sebut Karena Geliat Ekonomi Pascapandemi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Inflasi Jember Tertinggi di Jatim, BPS Sebut Karena Geliat Ekonomi Pascapandemi

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Indrawan
Jumat, 01 Juli 2022 20:23 WIB

Candra Birawa, Kepala Seksi Statistik Distribusi BPS Jember saat memaparkan indeks harga konsumen (IHK) tingkat inflasi Kabupaten Jember, Jumat (1/7/2022).

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Jember merilis () yang menjadi indikator untuk mengukur tingkat inflasi, Jumat (1/7/2022). Dari data tersebut, menunjukkan bahwa Kabupaten Jember mengalami inflasi sebesar 0,71 persen pada bulan Juni tahun 2022.

Sedangkan apabila dihitung selama tahun (Juni 2021 - Juni 2022), tingkat inflasi di Kabupaten Jember mencapai 4,33 persen. Angka itu menjadi yang tertinggi dibanding kabupaten/kota lain di Jawa Timur. Bahkan lebih tinggi dibanding angka inflasi Provinsi Jawa Timur dan Nasional.

"Terendah (di Jawa Timur) adalah Kota Kediri sebesar 3,09 persen," ujar Candra Birawa, Kepala Seksi Statistik Distribusi BPS Jember.

"Year on year (YoY) tertinggi terjadi di Kabupaten Sumenep sebesar 5,79 (persen), dan yang kedua adalah Kabupaten Jember sebesar 5,53 persen," tambahnya.

Menurut Candra, tingkat inflasi di bulan Juni merupakan yang paling tinggi selama tiga tahun terakhir. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video