Upaya Lindungi Konsumen, Pemkot Kediri Gelar Monitoring Harga Komoditas di Pasar Setono Betek | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Upaya Lindungi Konsumen, Pemkot Kediri Gelar Monitoring Harga Komoditas di Pasar Setono Betek

Editor: Arief Rahardjo
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 19 September 2024 22:09 WIB

Petugas saat mengecek salah satu stan si pasar setono betek. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri menggelar monitoring harian harga pasar di Pasar Setono Betek. Hal ini dilakukan, guna memberikan informasi kepada masyarakat mengenai fluktuasi harga kebutuhan pokok di pasar tradisional.

Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan laporan ke Badan Pangan Nasional (Bapanas) sebagai bahan pengambilan kebijakan, baik bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

“Monitoring harga ini kita lakukan untuk mengetahui perkembangan harga komoditas bahan pokok di pasar, serta menentukan langkah-langkah intervensi apabila diperlukan,” kata Kepala , Moh Ridwan.

Berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan Tim Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan Kota Kediri, Ridwan mengemukakan bahwa harga pangan di Kota Kediri saat ini relatif stabil, bahkan ada yang mengalami penurunan, di antaranya beras premium, minyak goreng kemasan sederhana, cabai merah besar, cabai keriting, dan tomat.

Lebih lanjut, ia menuturkan terdapat pula dua komoditas yang mengalami kenaikan harga, seperti: bawang merah dan cabai rawit merah.

“Selanjutnya ada juga dua komoditas yang statusnya waspada atau di atas HET, yaitu: bawang putih bonggol harga Rp.36.326 (rasio harga terkini terhadap HET 13,1%) dan jagung pipilan harga Rp. 5.850 (rasio harga terkini terhadap HET 17,0%). Akan tetapi ini bukan jagung untuk konsumsi tapi untuk pasokan ke pabrik pakan ternak,” terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video