Danau Biru Tulungagung Diduga Beracun, Dinas PU ESDM Ambil Sampel Mineral

Danau Biru Tulungagung Diduga Beracun, Dinas PU ESDM Ambil Sampel Mineral Petugas dari Dinas PU ESDM Tulungagung bersama Dinas ESDM Provinsi mengambil sampel air. Foto: zuli purwanto/BANGSAONLINE

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Lokasi wisata baru di Tulungagung yakni Danau Biru, yang diduga mengandung cairan beracun, membuat Dinas PU ESDM Tulungagung bersama Dinas ESDM Provinsi, turun tangan.

Meraka mengambil sampel tanah, air dan batu di lokasi Danau Biru Desa Panggunguni Kecamatan Pucanglaban Tulungagung, Senin (25/5).

Kabid ESDM Dinas PU ESDM Tulungagung, Harinto Triyoso mengatakan, pengambilan sampel untuk memastikan kandungan bahan yang ada di Danau Biru, apakah berbahaya atau tidak.

“Kita ingin secara pasti mengetahui apakah cairan yang ada di danau ini berbahaya atau tidak, soalnya di sini kan banyak wisatawan. Agar wisatawan aman,” kata Harinto.

Hal yang sama dilakukan Dinas ESDM Jawa Timur. Mereka tertarik meneliti mineral yang ada, karena mendengar adanya danau bekas tambang di media sosial.

Sementara Pemerintah Desa Panggunguni berharap, segera ada langkah dari pemerintah untuk mengembangkan Danau Biru menjadi obyek wisata.

Sekdes Panggunguni Adi Pranoto mengatakan, bantuan pemerintah sangat diperlukan untuk pengembangan lokasi menjadi wisata. Menurutnya bantuan bisa berupa peningkatan jalan menuju lokasi wisata.

“Harapannya, pemerintah segera menindaklanjuti, apakah tempat ini dijadikan obyek wisata atau tidak?,“ ungkap Sekdes.

Lanjut Sekdes, sejak kondang mulai 2 bulan lalu danau biru sudah dikunjungi sekitar 500 pengunjung tiap hari. Sementara jika hari libur bisa mencapai 1.000 pengunjung. (tlg-1/ros)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO