Demi Pemilu 2024 Damai, Pemkot Kediri Hadiri Webinar Penguatan Nilai Sejarah Kemendagri

Demi Pemilu 2024 Damai, Pemkot Kediri Hadiri Webinar Penguatan Nilai Sejarah Kemendagri Linda Sunarti mepaparkan materi pentingnya pemetaan situs-situs atau tempat-tempat bersejarah dalam Webinar (dok Ist)

KOTA KEDIRI,BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) menghadiri webinar bertajuk 'pentingnya penguatan nilai – nilai sejarah dalam rangka mewujudkan Pemilu dan serentak tahun 2024 yang damai dan harmonis', Senin (4/12/2023).

Webinar itu disenlenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri () melalui Ditjen Politik dan PUM (Pemerintahan Umum) dalam rangka mewujudkan yang damai dan harmonis.

Menurut Direktur Bina Ideologi Karakter dan Wawasan Kebangsaan , Drajat Wisnu Setyawan, bahwa sejarah merupakan sebuah rangkaian peristiwa yang didalamnya termuat peristiwa baik maupun buruk. 

Dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, sejarah kebangsaan memiliki peranan sebagai pangkal identitas bangsa.

“Sejarah bangsa merupakan suatu perspektif yang akan membentuk pola perilaku dan sikap masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Drajat

Menurutnya diperlukan pemahaman yang tepat tentang sejarag agar nilai luhur yang terkandung dapat diterapkan dengan baik oleh masyarakat.

“Ketika sejarah bangsa terpelihara dengan baik dan terjaga eksistensinya, maka setiap generasi akan mengetahui bagaimana kedaulatan bangsanya diperjuangkan. Sehingga akan menumbuhkan rasa penghormatan dan kebanggaan terhadap bangsanya,” ujarnya.

Dalam konteks Pemilu, pemahaman tentang sejarah kebangsaan menjadi acuan bagi bangsa demi menyongsong mendatang.

“Semakin tinggi kesadaran masyarakat tentang sejarah kebangsaan, maka akan timbul kemauan untuk mempertahankan eksistensi NKRI sebagai hasil pengorbanan para pejuang. Salah satu contohnya diwujudkan oleh masyarakat melalui kesadaran untuk menciptakan Pemilu dan serentak yang aman, damai, dan harmonis,” ucap Drajat. 

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO