Penyerapan APBD Lamban, Sekdakot Kumpulkan SKPD


MOJOKERTO (bangsaonline) - Gerah didera persoalan lambatnya pencairan anggaran, Ketua Panitia Anggaran Pemkot , Agus Nirbito segera kumpulkan SKPD, untuk evaluasi.

"Ini tidak bisa dibiarkan, apa lagi berkaitan dengan anggaran belanja yang langsung bersentuhan dengan masyarakat," kata Agus Nirbito, kemarin.

Agus yang juga menjabat sebagai Sekdakot akan melakukan prioritas penyerapan anggaran untuk kebutuhan masyarakat. Diakuinya, masalah penyerapan anggaran di birokrasi lebih disebabkan oleh regulasi. "Secara umum di beberapa daerah juga mengalami hal yang sama,masing-masing SKPD tidak mau beresiko sehingga dianggap melakukan penyimpangan anggaran," paparnya.

Dikatakannya, dengan mengumpulkan SKPD maka kita akan tahu masalah yang terjadi. Pasalnya dengan era otonomi daerah masing-masing dapat melakukan diskresi terhadap regulasi yang ada. "Dengan memprioritaskan beberapa anggaran yang terserap, mestinya kita lebih mengutamakan asas manfaat," terangnya.

Sebelumnya, rendahnya tingkat penyerapan APBD Kota tahun 2014 disoroti kalangan dewan. Badan Anggaran DPRD pun mengaku cemas atas nyantainya eksekutif yang baru menyedot sekitar 31 persen anggarannya.

Sebab, berkaca pada tahun sebelumnya, realisasi proyek-proyek di akhir tahun cenderung menghasilkan kualitas yang buruk dan menjadikan mepetnya waktu sebagai alasan.

"Tentu kita khawatir dan sejak jauh hari sudah mengingatkan rendahnya penyerapan APBD yang baru sekitar 31 persen. Ini tentu sangat buruk karena sudah memasuki bulan ke delapan yakni Agustus," ujar anggota Badan Anggaran (Banggar) Legislatif Achmad Rusyad Maanfaluti.

Politisi PKB ini mengatakan, idealnya penyerapan anggaran sudah mencapai 51 persen. "Karena sudah separuh jalan penyerapannya juga harusnya 50 persen. Terus selama ini ngapain saja mereka," sesalnya.

Indikasi molornya APBD ini, lanjut ia, bisa dilihat dari lambatnya tahapan kerja eksekutif selama setahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO