Program USAID Japri PWD dan WEE Bawa Dampak Positif bagi UMKM Kota Kediri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Program USAID Japri PWD dan WEE Bawa Dampak Positif bagi UMKM Kota Kediri

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
Sabtu, 12 Februari 2022 11:24 WIB

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat meninjau salah satu stand. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Program Jadi Pengusaha Mandiri (Japi) People With Disabilities (PWD) dan Japri Women's Economic Empowerment (WEE) membawa dampak positif bagi

Menurut Abdullah Abu Bakar, program Japri PWD dan Japri WEE ini membawa dampak bagi tumbuhnya usaha baru dan berkembangnya usaha-usaha lokal. Bahkan, juga memberikan seed funding atau pendanaan kepada 101 pengusaha yang terdiri dari 50 pengusaha disabilitas dan 51 pengusaha perempuan.

Pelaksanaan Japri PWD di Kota Kediri diikuti 208 peserta disabilitas. Terdiri dari tunanetra sebanyak 71 orang, tunarungu dan tunawicara sebanyak 110 orang, tunadaksa sebanyak 57 orang, lalu tunagrahita sebanyak 10 orang.

Mereka mengikuti berbagai tahapan pelatihan mulai dari entrepreneurship training, coaching, business motivation work, dan business model canvas yang diberikan oleh 9 coach disabilitas, 3 coach non disabilitas, serta 6 motivator. Dari program ini didapat hasilnya terjadi peningkatan usaha 129 orang, peningkatan pendapatan 91 orang, dan terbentuknya pengusaha baru 8 orang.

“Kita melatih teman-teman disabilitas yang ada di Kota Kediri untuk percaya diri dan bisa bergabung dengan yang lainnya bahkan di marketplace. Pemerintah Kota Kediri sendiri juga membeli produk-produk yang dihasilkan. Seperti misalnya masker,” ujar Abdullah Abu Bakar, Sabtu (12/2). 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video