APEKSI Virtual Talk Show, Bunda Fey Paparkan UMKM Tenun Ikat Kota Kediri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

APEKSI Virtual Talk Show, Bunda Fey Paparkan UMKM Tenun Ikat Kota Kediri

Editor: Rohman
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 19 April 2022 16:19 WIB

Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar (kiri bawah) saat mengikuti Virtual Talk Show APEKSI. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ketua TP PKK yang sekaligus menjabat sebagai , , memaparkan upaya-upaya yang dilakukan pihaknya bersama pemerintah daerah setempat untuk mengembangkan (kain nusantara), tenun ikat.

Ia mengungkapkan hal tersebut saat virtual talk show '' yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Selasa (19/4/2022). (sapaan akrab ) hadir bersama Ketua TP PKK Kota Banjarbaru, Vivi Mar'i Zubedi Aditya Mufti Ariffin; dan Ketua TP PKK Kota Palu, Diah Puspita Hadianto Rasyid.

“Kota Kediri memiliki warisan wastra lokal yakni tenun ikat yang berada di Kelurahan Bandar Kidul. Dimana wastra ini sudah ada sejak Indonesia belum merdeka. Terdapat kurang lebih 14 rumah industri tenun di Kelurahan Bandar Kidul,” ujarnya.

Menurut dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri memiliki komitmen besar untuk mengembangkan tenun ikat, salah satunya dengan kebijakan melalui peraturan wali kota. Di mana seluruh karyawan di Kota Kediri baik ASN atau swasta untuk mengenakan tenun ikat setiap hari kamis. Selain itu, upaya lain untuk mengembangkan tenun ikat Kota Kediri ini dengan melakukan pembinaan kepada para pengrajin.

“Sebelum pandemi melanda berbagai event digelar sebagai upaya memperkenalkan tenun ikat Kota Kediri. Salah satunya Dhoho Street Fashion yang menjadi agenda tahunan. Selain itu juga ambil bagian dalam Jakarta Fashion Week dan Jogja Fashion Festival,” ungkapnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video