Pengurus PISHI Resmi Dilantik, Hadir Sebagai Solusi Bagi Kemanusiaan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pengurus PISHI Resmi Dilantik, Hadir Sebagai Solusi Bagi Kemanusiaan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Kamis, 14 Juli 2022 00:44 WIB

Suasana pelantikan pengurus PISHI secara daring.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - PISHI harus memiliki visi besar, visi besar untuk sebuah kemuliaan. Kemuliaan masyarakat, kemuliaan kemanusiaan. Demikian kata Prof. Dr. Rudi Hartono dalam sambutan yang disampaikan pada Pelantikan Personalia DPP Perkumpulan Ilmuwan Sosial Humaniora Indonesia (PISHI), Selasa (12/7/2022).

Pengurus yang berjumlah 104 orang ini, kata Rudi, harus menjadi yang terdepan dalam menjunjung tinggi hal-hal yang berkaitan dengan sosial kemanusiaan.

“Ini adalah aspek yang saat ini makin hilang. Jiwa sosial akan menyelamatkan peradaban manusia. PISHI menjunjung tinggi keilmuan sosial humaniora, dan ini harus menjadi target utama,” tegas Ketua Dewan Penasihat PISHI itu.

Guru Besar itu juga menyampaikan beberapa pesan. Pesan pertama, dia mengajak seluruh pengurus dan anggota PISHI agar memerkuat persatuan dan kesatuan internal organisasai.

“Jadikan diri kita dan organisasi PISHI ini yang pertama dan utama, yang mengedepankan aspek sosial dan kemanusiaan. Tidak hanya sekadar sebagai seorang ilmuwan sosial humaniora.”

Pesan kedua, PISHI diharap terus membuat pelbagai jejaring. "Apakah itu dengan teman-teman yang berada di institusi kita masing-masing, dan jejaring nasional di antara organisasi yang sejenis, yang bernuansa sosial humaniora. Juga di tingkat regional, seputar Asia Tenggara, dan jejaring di tingkat internasional," ujarnya.

“Kalau Bapak/Ibu bekerja di perguruan tinggi, ini menjadi kontribusi besar bagi indikator kinerja utama perguruan tinggi dengan adanya kerja sama. Sebagai anggota atau pengurus organisasi, ini menjadi bagian penting laporan kinerja dosen,” terang Mantan Asosiasi Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris (APSBSI) tersebut.

Sedangkan pesan ketiga, PISHI perlu terus menciptakan kolaborasi dengan institusi terkait. "Ada joint research, joint publication, joint conference yang nanti akan memperkuat organisasi kita," paparnya..

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video