Hadirkan Narasumber dari ICRC, Unej Gelar Kuliah Umum Bahas Peran Tenaga Medis di Konflik Bersenjata | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hadirkan Narasumber dari ICRC, Unej Gelar Kuliah Umum Bahas Peran Tenaga Medis di Konflik Bersenjata

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Indrawan
Selasa, 30 Agustus 2022 21:56 WIB

Suasana kuliah umum yang digelar Program Pascasarjana Universitas Jember (Unej).

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Program Pascasarjana Universitas Jember () menggelar  menghadirkan Rina Rusman, Senior Adviser  (), Selasa (30/8/2022).

Kuliah umum kali ini mengambil tema, 'Perlindungan Tenaga Kesehatan Menurut Hukum Humaniter Internasional dan Relevansinya Dengan Hukum Nasional'. Tema tersebut dipilih karena masih belum banyak dibahas dan relevan dengan adanya perang antara Rusia-Ukraina.

Dalam paparannya, Rina menjelaskan payung hukum bagi dalam situasi yang terjadi antarnegara. Yaitu hukum kemanusiaan internasional atau hukum humaniter internasional (HHI).

Menurutnya, terdapat beberapa kategori tenaga kesehatan yang keberadaannya diatur dan dijamin saat melakukan tugas sesuai dengan HHI.

"Pertama, tenaga kesehatan yang merupakan bagian dari sebuah satuan militer. Kedua, prajurit organik yang memiliki tugas sebagai tenaga kesehatan, tenaga kesehatan dari atau palang merah internasional, tenaga kesehatan sipil, dan tenaga kesehatan lainnya," jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video