Lestarikan Budaya Kadhiri, Disbudparpora Kota Kediri Tampilkan Legenda Ande-Ande Lumut di TMII | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Lestarikan Budaya Kadhiri, Disbudparpora Kota Kediri Tampilkan Legenda Ande-Ande Lumut di TMII

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Senin, 12 Desember 2022 12:41 WIB

Seniman tari dari Kota Kediri saat menyuguhkan tampilan yang apik di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Komitmen Pemkot dalam merawat dan melestarikan budaya Kadhiri terus membara. Kali ini, Disbudparpora Kota tampil di Taman Mini Indonesia Indah (), Jakarta, Minggu (11/12/2022), setelah sebelumnya sejumlah helatan sendratari bertemakan cerita panji ditampilkan di daerah. 

Rombongan seniman tari dari Kota menyuguhkan tampilan yang apik dengan megambil fragmen legenda Ande-Ande Lumut di Anjungan Jawa Timur, . Kepala Disbudparpora Kota , Zahrie Ahmad, mengatakan bahwa hal tersebut menjadi bentuk keseriusan Pemkot dalam memperhatikan kelestarian kebudayaan daerah.

“Bumi Kadhiri itu adalah daerah yang kaya akan nilai luhur, sejarah dan budaya yang sudah menjadi identitas dari masyarakat Kota . Kekayaan ini harus kita jaga sebaik mungkin, jangan sampai lebur/tergerus aliran zaman,” ujarnya.

Selain itu, kata Zahrie, masyarakat di luar juga harus tahu eksistensi kebudayaan Kadhiri ini, sehingga mereka bisa turut bangga bahwa kekayaan budaya Indonesia terutama budaya Kadhiren itu sangat luar biasa. Berangkat dari hal tersebutlah yang membuatnya bertekat untuk terus menggaungkan kesenian budaya Kadiren dengan skala yang lebih luas.

“Kami mengajak para seniman tari di Kota untuk turut mencapai tujuan tersebut, salah satunya dengan menampilkan karya seni tari terbaik bertajuk legenda Ande-Ande Lumut di ini,” paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video