Gempa M 4,0 di Bojonegoro Berdampak di Tuban | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gempa M 4,0 di Bojonegoro Berdampak di Tuban

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Suwandi
Senin, 12 Juni 2023 17:11 WIB

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Tuban, Zem Irianto Padama.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,0 yang mengguncang wilayah ternyata juga berdampak di , tepatnya di Kecamatan Rengel dan Parengan, Senin (12/6/2023). Kepala Stasiun Meteorologi , Zem Irianto Padama, memastikan hal tersebut. 

Sesuai hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (), titik terletak pada koordinat 711 LS: 111,85” BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km Barat Laut dengan kedalaman 7 km.

"Jenis bumi ini dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, merupakan jenis bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal, dan intensitas getarannya dapat dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu," urai Zem.

Ia mengatakan bahwa berdasarkan hasil permodelan peta guncangan (shakemap), dampak bumi ini dirasakan di dan dengan skala intensitas II–III MMI. Artinya, skala intensitas ini getarannya dapat dirasakan seperti truk yang lewat dan nyata di dalam rumah, tapi dipastikan tidak ada susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Kemudian, masyarakat perlu menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh ," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video