Sulit Bangun Embung di Madura, 19 Kabupaten Dilanda Kekeringan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sulit Bangun Embung di Madura, 19 Kabupaten Dilanda Kekeringan

Kamis, 30 Juli 2015 00:10 WIB

Ilustrasi

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kekeringan melanda 19 kabupaten di wilayah Jawa Timur. Di antaranya Lamongan, Magetan, Bojonegoro, Bondowoso, Tuban, dan empat kabupaten di Madura yaitu Sumenep, Bangkalan, Pamekasan, serta Sampang.

pun melakukan berbagai cara mengatasi masalah tersebut. Salah satunya membangun embung geo membran atau waduk kecil. Pada 2015, 80 embung dibangun untuk menggunakan alat pengolahan air.

Tapi Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Pakde Karwo) mengakui sulit membangun embung geo membran di wilayah Madura. "Tanahnya susah untuk tempat membuat embung," kata Pakde, usai menghadiri Silaturahmi Kerukunan Umat Beragama di Balai Prajurit Kodam V Brawijaya di Surabaya, kemarin (29/7).

Pemprov mengatakan jika saat ini hanya bisa mengirimkan truk tangki air bersih ke sejumlah daerah yang mengalami kekeringan. "Sedangkan pemerintah kota dan kabupaten yang mengalami kekeringan menyediakan air bersihnya," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pemprov Jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video