Bersama Perhutani, Dishut Jatim dan Pemkot Kediri Kolaborasi Gelar Reboisasi di Gunung Klotok | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bersama Perhutani, Dishut Jatim dan Pemkot Kediri Kolaborasi Gelar Reboisasi di Gunung Klotok

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
Sabtu, 09 Maret 2024 11:52 WIB

Pj. Wali Kota Kediri, Zanariah, saat ikut menanam pohon di area TPU Gunung Klotok. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE.com

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka pengurangan risiko bencana tanah longsor di Kota Kediri dan membangun kepedulian masyarakat pada lingkungan, Pemkot Kediri melalui BPBD menggelar kegiatan reboisasi di Kawasan dan TPU Gunung Klotok () Kota Kediri, Sabtu (9/3/2024).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Kediri, Indun Munawaroh, menjelaskan aksi penanaman pohon ini melibatkan semua unsur seperti TNI, Polri, semua OPD di lingkungan Pemkot Kediri, dan ratusan relawan pecinta lingkungan di Kediri.

Menurut Indun, berdasarkan dokumen kajian risiko bencana Kota Kediri Tahun 2022, kawasan memiliki potensi bencana tanah longsor dengan kelas bahaya yang cenderung tinggi, kelas kerentanan tinggi, dan kelas kapasitas sedang, sehingga berada pada kelas risiko yang cenderung tinggi.

Dijelaskan Indun, beberapa kawasan lindung di lereng telah dilakukan pembukaan lahan oleh masyarakat tanpa izin, sehingga perlu dilakukan reboisasi dengan tanaman berakar dalam dan dapat menyerap air serta mencegah erosi dan tanah longsor.

"Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan, maka Pemkot Kediri dalam hal ini BPBD Kota Kediri dengan menggandeng masyarakat melalui unsur relawan serta bersama dinas terkait lainnya melaksanakan kegiatan reboisasi di Kawasan dan TPU () Kota Kediri," terang Indun.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video