Atasi Kekeringan di Jawa Timur Pemprov Diminta Punya Strategi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Atasi Kekeringan di Jawa Timur Pemprov Diminta Punya Strategi

Minggu, 02 Agustus 2015 21:45 WIB

ilustrasi

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejak beberapa minggu belakangan ini Jawa Timur kembali dilanda kekeringan. Peristiwa ini terus berulang dari tahun ke tahun, akibatnya sejumlah desa yang ada di Jatim mengalami krisis air. Bahkan hampir sebagian lahan pertanian terancam puso akibat tak air yang mengaliri sawah para petani.

Ketua Fraksi PKS DRPD Jatim, Yusuf Rohana mengatakan, dampak kekeringan semacam itu muncul karena kurangnya langkah antisipasi . Menurutnya, selama ini hanya terkesan menyalahkan alam. Pihaknya berharap Pemprov punya strategi untuk mengatasi kekeringan sehingga tak selalu menjadi masalah rutin tiap tahun.

“Selama ini kalau kekeringan datang, selalu yang disalahkan adalah pasokan air yang lebih sedikit dari Jateng dan Yogyakarta. Pemprov harus punya strategi jangka panjang, jangan sampai kekeringan selalu menjadi maslah rutin tiap tahun,” sindir anggota Dewan asal daerah pemilihan Jatim VIII itu, Minggu (2/8).

Yusuf mengungkapkan, pernyataan pihak eksekutif selama ini terkesan buang badan. Hal itu jelas kurang tepat, dan mengesankan tidak memiliki inisiatif untuk melakukan antisipasi. Salah satu antisipasi yang dianggap pihaknya bisa menjadi solusi adalah dengan membangun bendungan besar.

“Sebenarnya untuk membangun bendungan itu bisa menuntaskan yang belum jadi, misalnya Bendungan Rejoso, yang bisa mengairi empat kabupaten, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, dan Bojonegoro,” papar anggota Komisi B ini.

Selain itu, juga seharusnya memperbanyak saluran irigasi di sejumlah desa. Tepatnya, saluran irigasi itu dibangun di desa-desa yang dinilai rawan dilanda bencana kekeringan. Dengan cara itu, Yusuf yakin kedepannya musibah kekeringan di Jatim bisa diantisipasi dengan baik.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pemprov Jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video