Bupati Gresik dan Ketua PA Teken Kerja Sama Pemenuhan Hak Perempuan dan Anak | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bupati Gresik dan Ketua PA Teken Kerja Sama Pemenuhan Hak Perempuan dan Anak

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Kamis, 20 Juni 2024 22:13 WIB

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (kiri) dan Ketua PA Gresik Ahmad Zainal Fanani saat teken kerja sama. Foto: Ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - , dan Ketua Pengadilan Agama (PA) Gresik, Ahmad Zainal Fanani menandatangani kerja sama dalam hal pemenuhan hak-hak perempuan dan anak pasca perceraian, serta pencegahan perkawinan anak, Kamis (20/6/2024).

Bupati Yani mengatakan MoU ini merupakan bentuk nyata keberpihakan pemerintah terhadap perempuan dan anak. Ia berharap melalui MoU ini, kualitas pelayanan publik dan perlindungan kepada masyarakat, khususnya perempuan dan anak-anak yang rentan, menjadi lebih baik.

"MoU ini merupakan hal sederhana namun sangat berharga. Hal ini tidak lepas dari manfaat perlindungan yang didapat bagi perempuan dan anak, serta masyarakat Gresik," katanya.

"Kesepahaman ini adalah langkah konkret Pemerintah Kabupaten Gresik bersama dalam memastikan bahwa hak-hak perempuan dan anak pasca perceraian terjamin dengan baik. Dengan begitu, kualitas hidup perempuan dan anak bisa lebih terjamin, disamping juga meminimalisir munculnya permasalahan di masa yang akan datang," ucapnya.

Bupati menegaskan bahwa pencegahan perkawinan anak intens dilakukan oleh Pemkab dan  sejak satu tahun belakang. Karenanya, kehadiran MoU ini menjadi penguat dalam upaya pencegahan tersebut.

"Perlu dipahami apa saja dampak yang ditimbulkan atas terjadinya pernikahan anak, baik itu perceraian maupun munculnya kasus stunting. Karenanya, bisa dikatakan bahwa upaya pencegahan perkawinan anak merupakan bagian dari komitmen kita untuk memberikan masa depan yang lebih baik bagi generasi muda Gresik. Selepas penandatanganan ini, saya harapkan bisa ditindaklanjuti oleh dinas-dinas terkait," jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video