8 SD Negeri Belum Dapat Siswa Baru, Disdik Blitar: Orang Tua Ingin Anaknya dapat Pendidikan Agama | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

8 SD Negeri Belum Dapat Siswa Baru, Disdik Blitar: Orang Tua Ingin Anaknya dapat Pendidikan Agama

Editor: Arief
Senin, 08 Juli 2024 20:46 WIB

Ilustrasi

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Delapan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Blitar belum mendapatkan peserta didik baru pada tahun ajaran 2024-2025.

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan SD, Dinas Pendidikan Blitar, Deny Setiawan, dari 630 SDN di Blitar, terdapat 8 sekolah yang hingga saat ini belum mendapatkan siswa baru.

“Berdasarkan data yang ada pada sistem kami, saat ini ada 8 SD negeri siswa barunya kosong. Tidak dapat siswa,” ujar Deny kepada awak media, Senin (8/7/2024).

Menurut dia, pihaknya akan melakukan pengecekan kembali, apakah ke 8 sekolah tersebut, direncanakan akan digabungkan ke SD lainnya. Jika ada, maka tahun ini, tidak membuka pendaftaran siswa baru.

Ia menjelaskan, delapan SD Negeri itu, diantaranya SDN Selokajang 3 di Kecamatan Srengat, SDN Slumbung 3 dan SDN Tambakan 2 di Kecamatan Gandusari, SDN Sumberagung 2 di Kecamatan Panggungrejo, SDN Sumberasri 4 di Kecamatan Nglegok, SDN Tulungrejo 4 dan SDN Wates 1 di Kecamatan Wates dan SDN Wonotirto 5 di Kecamatan Wonotirto.

Ia mengakui, hal ini kemungkinan disebabkan persaingan antarlembaga pendidikan formal tingkat dasar.

Sejumlah terobosan menarik siswa baru yang dilakukan sekolah-sekolah swasta, membuat jumlah SD negeri yang tidak mendapatkan siswa terus bertambah.

Ia mencontohkan adanya sekolah swasta yang menyediakan layanan antar jemput siswa.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video