Lansia ini Ajak Jaga Pola Hidup Sehat Sejak Muda | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Lansia ini Ajak Jaga Pola Hidup Sehat Sejak Muda

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Minggu, 29 September 2024 18:00 WIB

Susilowati. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kesehatan merupakan salah satu aspek terpenting bagi kehidupan dan kunci utama bagi seseorang dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu, memiliki jaminan kesehatan juga dibutuhkan untuk melindungi, dan menjamin jika mengalami masalah terkait kesehatan.

Oleh karena itu, Kesehatan hadir di tengah masyarakat yang menyediakan program Jaminan Kesehatan Nasional () untuk memberikan perlindungan akan kesehatan. Susilowati (75), seorang pensiunan yang tinggal di Kelurahan Dandangan, Kota Kediri, mengaku telah lama menjadi peserta , sejak dirinya masih aktif bekerja. 

Awalnya, ia tidak memahami tentang ketika pertama kali didaftarkan oleh tempat ia bekerja. Akan tetapi, saat ini Susilowati telah paham bahwa Program ini memberikan manfaat yang sangat banyak.

“Dulu mendaftar karena diberikan dari tempat saya bekerja. Awalnya tidak tahu ini untuk apa, karena tidak pernah menggunakan. Tapi sekarang sudah paham ternyata manfaat dari ini juga bisa saya rasakan,” tuturnya, beberapa waktu lalu.

Meskipun Susilowati tidak pernah menggunakan untuk keperluan yang serius, ia merasa tidak pernah rugi menjadi peserta . Menurutnya, dengan mempunyai meskipun tidak pernah digunakan, iuran yang dibayarkan tiap bulannya bisa bermanfaat untuk orang lain yang lebih membutuhkan.

“Kalau sakit yang serius alhamdulillah tidak pernah, jangan sampai sakit juga. Jadi ini belum pernah digunakan sampai rawat inap atau pengobatan yang serius. Menggunakan hanya di FKTP saja untuk berobat sakit yang ringan seperti diare, demam, atau batuk pilek," paparnya

"Walaupun tiap bulan dipotong dari dana pensiunan, tidak merasa rugi. Karena iuran yang dipotong itu bisa dimanfaatkan untuk orang lain yang lebih membutuhkan saja,” imbuhnya.

Di usianya yang sudah senja, sangat rentan untuk Susilowati terkena berbagai macam penyakit. Bahkan saat ini ia menderita hipertensi yang tekanan darahnya dapat mencapai 170 mmHg. Menurut dia, penyakit yang ia derita merupakan turunan dari orang tua yang juga sama-sama mempunyai riwayat hipertensi. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video