​Sosialisasi Informasi Cuaca BMKG Jadi Bekal Kesiagaan Pemkot Kediri Hadapi Musim Hujan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Sosialisasi Informasi Cuaca BMKG Jadi Bekal Kesiagaan Pemkot Kediri Hadapi Musim Hujan

Editor: Novandryo W S
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 08 Oktober 2024 19:24 WIB

Peserta Sosialisasi Informasi Cuaca di BMKG Dhoho. (Ist).

KOTA KEDIRI,BANGSAONLINE.com - Guna memaksimalkan informasi dan peringatan dini cuaca kepada masyarakat, Kediri menggelar kegiatan sosialisasi awal musim hujan Tahun 2024/2025 dan potensi Megathrust di Wilayah Kediri, Selasa (8/10/2024).

Berlokasi di Gedung SO1 Bandar Udara Dhoho Kediri, kegiatan sosialisasi diisi materi oleh narasumber dari dan Stasiun Geofisika Pasuruan. Serta turut hadir pula Kepala OPD terkait dari Pemerintah Kota dan , stakeholder wilayah Bandar Udara Dhoho, KPwBI Kediri serta beberapa awak media.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Dhoho Kediri, Lukman Soleh mengatakan saat ini sebagian besar wilayah Kota dan telah memasuki masa peralihan dan bersiap untuk memasuki awal musim penghujan.

Diperkirakan wilayah Kota dan akan memasuki awal musim penghujan pada bulan Oktober dan November.

“Ini perlu kita antisipasi karena curah hujan yang tinggi dapat menimbulkan dampak di berbagai sektor. Musim hujan sering kali diiringi dengan peningkatan potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor,” terangnya.

Bukan itu saja, lanjutnya, ada sektor lain yang juga terkena dampak peralihan musim seperti sektor pertanian dan kesehatan.

Oleh sebab itu, Lukman menambahkan banyak hal yang perlu disiapkan untuk meminimalisir risiko dan dampak negatif yang mungkin ditimbulkan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk berbagi informasi terkait persiapan awal musim hujan terhadap berbagai sektor. Sebagai instansi yang berperan dalam menjaga keselamatan masyarakat memiliki tanggungjawab untuk meningkatkan mitigasi risiko dan memberikan edukasi kepada masyarakat,” tambahnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video