BPBD Lumajang Sulit Identifikasi Penyebab Maraknya Kebakaran Hutan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

BPBD Lumajang Sulit Identifikasi Penyebab Maraknya Kebakaran Hutan

Senin, 26 Oktober 2015 21:53 WIB

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Musim kemarau panjang mengakibatkan kebakaran di sejumlah hutan di Kabupaten Lumajang. Data yang berhasil dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lumajang, beberapa bulan terakhir ini, untuk kebakaran hutan diperkirakan mencapai ratusan hektare, sementara kebakaran rumah, pertokoan dan lainnya jumlahnya dari 10 buah.

"Yang pasti beberapa bulan terakhir ini, kebakaran hutan jumlahnya lebih dari 100 hektare, tersebar di beberapa titik,” ujar Hendro Wahyuono, Kabid Kesiap Siagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Senin (26/10) siang.

Kebakaran hutan sering terjadi di Gunung Lemongan, beberapa hutan milik perhutani, di pendakian Gunung Semeru yang masuk kawasan TNBTS dan lainnya. Beberapa bulan terakhir ini, kata Hendro Wahyuono, hampir terjadi kebakaran. Biasanya tidak diketahui apa penyebab terjadinya kebakaran, terutama jika yang terbakar itu kawasan hutan.

“Kita gak pernah menemukan penyebab terjadinya kebakaran. Bisa jadi karena human error atau faktor alam misalnya gesekan antar batu, gesekan pohon bambu ketika diterpa angin. Dan setiap terjadinya kebakaran kita gak bisa menuding ini kesalahan manusia karena memang tidak ada bukti-bukti yang mengarah ke sana,” ujarnya.

Dijelaskan, di beberapa titik yang selama ini dianggap rawan terjadinya kekeringan dan kebakaran, antara lain Oro-Oro Ombo, Rowobaung, daerah pendakian di wilayah utara, di Gunung Lemongan. Di beberapa titik ini banyak tanaman yang menghasilkan daun kering.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pemkab Lumajang

Berita Terkait

Bangsaonline Video