Pabrik Pupuk bakal Kesulitan Bahan Baku di Tahun 2035 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pabrik Pupuk bakal Kesulitan Bahan Baku di Tahun 2035

Jumat, 01 Januari 2016 14:49 WIB

Dirut PT PG, Hidayat Nyakman ketika memberikan keterangan pers. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Keberadaan PT PG () yang merupakan produsen pupuk terlengkap di Indonesia ternyata tidak sepenuhnya membuat petani aman. Sebab, diprediksi tahun 2035 nanti pabrik pupuk bakal kesulitan bahan baku.

Pupuk NPK misalnya. Pupuk ini merupakan salah satu jenis pupuk majemuk yang paling umum digunakan petani. Pupuk ini mengandung unsur hara utama, yaitu Nitrogen (N) untuk pertumbuhan daun, Fosfor (P/Phosphor) yang membantu pertumbuhan akar dan tunas, serta Kalium (K) membantu pembungaan dan pembuahan.

Dari tiga unsur itu, hanya Nitrogen yang bahan bakunya ada di Indonesia, sedangkan lainnya, yakni Fosfor dan Kalium harus impor. Hanya ada di beberapa negara saja di dunia bahan tersebut.

"Ada kemungkinan 20 tahun mendatang akan ada pertarungan dari produsen pupuk untuk mendapatkan bahan baku itu, sehingga bahan ini menjadi langka. Kondisi ini bisa berakibat pabrik pupuk kesulitan bahan baku tersebut," kata Direktur Utama PT PG, Hidayat Nyakman kepada wartawan, kemarin.

Menurut dia, bahan baku yang harus diimpor untuk produksi Fosfat adalah Rock Phosphate. Rock Phosphate hanya ada di beberapa negara saja, seperti Mesir, Jordan, Amerika bagian selatan, dan Maroko. "Dulu terdekat ada di Australia, tapi sekarang sudah habis," jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video