Cegah Begal, Ini Tips dari Kapolres Tuban | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Cegah Begal, Ini Tips dari Kapolres Tuban

Jumat, 27 Mei 2016 18:51 WIB

Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad. foto: suwandi/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Aksi pembegalan yang menimpa Mochammad Ali (19) pemuda Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban di kawasan Jalan Jambon, Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, pada Rabu (25/5) lalu, membuat Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad langsung bertindak.

Selain melakukan pemeriksaan dan pengejaran terhadap pelaku, Fadly Samad juga berbagi tips terkait mengatasi begal. Kata mantan Kasatreskrim Polres Jepara ini, semakin maraknya aksi begal menjelang puasa dan idul fitri sudah diprediksi oleh Polri. Bahkan, aksi kriminalitas tersebut akan terjadi di seluruh wilayah. Sehingga, upaya Kepolisian juga semakin ditingkatkan baik langkah, preemtif, preventif dan represif.

“Namun pencegahan dan penanggulangan yang paling utama yakni dengan melibatkan partisipasi masyarakat, seperti kegiatan pos kamling maupun kegiatan keamanaan lainnya,” ujar AKBP Fadly Samad ketika dihubungi BANGSAONLINE.com, Jum’at (27/5).

Berikut saran dan tips menghindari dari aksi begal dari Kapolres:

1. Jika ingin berpergian jauh, kenali medan yang akan dilalui. Kalau masih awam, lewat jalan utama yang cukup ramai atau ambil jalur paling dekat tapi sudah paham kondisi di jalur yang dilewati.

2. Hindari melewati jalan sepi sekalipun dalam keadaan terpaksa. Apalagi jika dilakukan malam hari, hal tersebut menjadi pemicu makin rawan kejahatan.

3. Hindari menggunakan barang yang memancing orang berbuat jahat. Seperti, memakai perhiasan berlebih, barang yang mewah, pakaian seksi atau hindari berduaan di tempat yang sepi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video