Luapan Bengawan Solo Juga Rendam Beberapa Wilayah di Gresik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Luapan Bengawan Solo Juga Rendam Beberapa Wilayah di Gresik

Minggu, 27 November 2016 14:51 WIB

Kondisi debit air sungai Bengawan Solo terus meninggi hingga meluap dan merendam rumah warga. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Selain di Bojonegoro, luapan sungai Bengawan Solo juga merendam beberapa wilayah di Gresik, di antaranya, Dukun, Bungah dan Manyar. Ratusan rumah, areal persawahan dan tambak yang berada di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) terpanjang di Pulau Jawa tersebut mulai terendam Sabtu (26/11) malam.

Untuk wilayah Kecamatan Dukun desa yang terendam di antaranya, Desa Madumulyorejo, Dukuhkembar, Baron, Tubuwung, dan Tiremenggal. Sedangkan untuk Kecamatan Bungah, desa yang terendam di antaranya, Desa Bedanten, Sungonlegowo, Sukorejo, dan Bungah.

Ketinggian air rata-rata mencapai antara 20-40 cm. Sejauh ini, warga korban banjir masih bertahan di rumah. Mereka tidak mengungsi.

Kepala Pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Pemkab Gresik, Abu Hasan kepada BANGSAONLINE.com membenarkan banjir di beberapa wilayah tersebut.

Menurutnya, luapan sungai terpanjang di pulau Jawa tersebut dipicu tingginya debit air di wilayah bagian hulu seperti Kabupaten Bojonegoro yang terus naik karena curah hujan tinggi. "Debit air sungai Bengawan Solo terus naik. Luapan sungai tersebut telah merendam beberapa desa," kata Abu Hasan, Minggu (27/11).

Mengacu data UPT PSDA WS Bengawan Solo, bahwa di wilayah hulu seperti Karangnongko ketinggian air berangsur naik, mulai SH (siaga hijau): 29.00; S K: 29.50; SM (siaga merah): 30.00 pada pukul 03:00 WIB.

Lalu pada pukul 06:00 WIB ketinggian 28.27 dan hingga pukul 24.00 WIB ketinggian 28.22.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video