Tanggul Makin Tergerus, Dua Dusun Terancam, BPBD Siap-siap | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tanggul Sungai di Bandar Kedungmulyo Makin Tergerus, Dua Dusun Terancam, BPBD Siap-siap

Minggu, 15 Januari 2017 02:36 WIB

Bibir sungai yang tergerus di Desa/Kecamatan Bandar Kedungmulyo. foto: ROMZA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pasca ambrolnya jembatan penghubung Desa Pucangsimo dengan Bandar Kedungmulyo, Jumat (13/1) lalu, kini dua Dusun di sekitar sungai terancam.

Pasalnya, bibir sungai yang tergerus kini terus menipis. Sehingga dikhawatirkan ketika luapan air tiba-tiba tinggi disertai arus yang deras, bibir sungai akan jebol. Hal ini akan mengakibatkan pemukiman warga di dua dusun tersebut akan terendam banjir.

Meski begitu, Pemkab Jombang tidak bisa berbuat banyak untuk penanganan sekarang karena lokasi tersebut di bawah kewenangan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Brantas. Namun, untuk antisipasi bencana tetap diwaspadai.

Kepala BPBD Kabupaten Jombang, Nur Huda mengatakan, pihaknya kini sudah melakukan persiapan untuk mengantisipasi apabila kemungkinan bibir sungai tersebut benar-benar jebol.

"Kalau kami sudah siap, tapi semoga saja tidak terjadi. Langkah yang bisa kami lakukan reparasi jika tanggul itu jebol, menyiapkan jalur evakuasi, tempat untuk pengungsian, makanan dan tim serta peralatan," katanya, Sabtu (14/1).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video