Urus SLO, Nelayan Cukup Datangi PPI | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Urus SLO, Nelayan Cukup Datangi PPI

Selasa, 14 Februari 2017 13:43 WIB

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kebijakan pembebasan Surat Laik Operasi (SLO) kapal perikanan bagi nelayan kecil dan pembudi daya ikan kecil oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), mulai ditindaklanjuti Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) kabupaten/kota hingga Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI). Di Kabupaten Tuban bahkan pengurusan SLO cukup dilakukan di PPI.

Pengawas Perikanan PPI Bulu, Tuban, Suryono, mengatakan, di PPI Bulu, nelayan kini bisa mengurus SLO dan tidak perlu jauh-jauh mandatangi DKP Tuban seperti sebelum-sebelumnya.

“SLO harus dimiliki kapal dalam setiap berlayar. Kalau untuk nelayan Bulu bisa per musim saja. Sebab, termasuk nelayan harian,” katanya.

Dikatakannya, di PPI Bulu, selain nelayan bisa melakukan bongkar ikan, layanan pengurusan SLO di tempat yang sama merupakan inovasi memudahkan nelayan dalam pengurusan dokumen administrasinya.

“Jangan sampai mereka berangkat melaut harus menghadapi kesulitan yang hanya bersifat administratif. Sementara mereka harus memenuhi ekonomi keluarga setiap harinya,” katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video