Upacara Hari Lahir Pancasila, Bupati Rendra: Ini Momentum untuk Kembalikan Jati Diri Bangsa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Upacara Hari Lahir Pancasila, Bupati Rendra: Ini Momentum untuk Kembalikan Jati Diri Bangsa

Wartawan: Tuhu Priyono
Kamis, 01 Juni 2017 15:49 WIB

Bupati Malang saat menjadi Irup Hari Kesaktian Pancasila.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di halaman Pendopo Agung Kabupaten Malang, Kamis (1/6).

Dalam kesempatan itu, Bupati Malang yang membacakan pidato tertulis Presiden Republik Indonesia mengatakan bahwa upacara ini meneguhkan komitmen masyarakat lebih mendalami, lebih menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar berbangsa dan bernegara.

"Pancasila merupakan hasil dari sebuah rangkaian proses, Rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Soekarno. Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final tanggal 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar para founding fathers negara dan para ulama, serta para tokoh agama dan para pejuang kemerdekaan dari seluruh Nusantara. Sehingga kita bisa membangun kesepakatan yang mempersatukan kita," ulasnya.

“Bahwa, dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman, dari Miangas sampai Rote adalah keberagaman. Berbagai etnis, berbagai bahasa lokal, berbagai adat istiadat, berbagai agama, kepercayaan, serta golongan, bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah Bhineka Tunggal Ika kita Indonesia,” jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video