Tebing Longsor di Gandusari Blitar Ancam Rumah dan Sawah Warga | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tebing Longsor di Gandusari Blitar Ancam Rumah dan Sawah Warga

Wartawan: Akina Nur Alana
Rabu, 29 November 2017 16:15 WIB

Warga dibantu petugas Kepolisian kerja bakti membersihkan sisa material longsor.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Gandusari menyebabkan tebing setinggi 25 meter  itu longsor, Selasa (28/11) sore. Longsoran tebing di Dusun Putukrejo, Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari tersebut mengancam dua rumah warga yang berada di bawahnya.

Selain mengancam permukiman, longsoran tebing menutup aliran sungai yang digunakan warga untuk mengairi persawahan setempat seluas 12 hektare.

"Awalnya hanya sedikit saja tanah yang longsor. Namun karena sejak tiga hari lalu hujan deras terus-menerus, sehingga menyebabkan tebing setinggi 25 meter longsor. Apalagi akar bambu yang menahan air dari atas sudah membusuk," ungkap Ahmad Fatoni kepada wartawan, Rabu (29/11).

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun penghuni dua rumah yang berada tepat di bawah tebing diungsikan ke tempat keluarganya yang jauh dari lokasi. Hal itu untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan, karena tanah di atas tebing sudah mulai retak-retak.

"Penghuni rumah sudah pindah ke rumah keluarganya yang jaub dari lokasi karena ditakutkan masih akan terjadi longsor susulan," jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   bencana blitar

Berita Terkait

Bangsaonline Video