Pemprov Jatim Siap Songsong TPB/SDGs | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemprov Jatim Siap Songsong TPB/SDGs

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Yudi Arianto
Jumat, 02 Maret 2018 13:38 WIB

Kepala Bappeda Prov. Jatim, Dr. Ir. Budi Setiawan bersama para narasumber di acara Forum Konsolidasi SDG's yang diselenggarakan di Sapphire Ballroom Hotel, Kabupaten Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur siap menyongsong implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) yangmerupakankelanjutan dariMillenium Development Goals (MDGs). Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), sejak 21 Oktober 2015, SDGs telah ditetapkan sebagai agenda dunia yang memuat sebagai rencana pembangunan bersama hingga tahun 2030 untuk kemaslahatan manusia dan bumi.

Kesiapan untuk melaksanakan SDGs di Jawa Timur tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa TimurDr. Ir. Budi Setiawan, M.MT saat menjadi nara sumber padaForum Konsolidasi SDG’s bertemakan Kesiapan Pemerintah Daerah dalam PelaksanaanPencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan” di Sapphire BallroomHotel Aston, Kab. Jember, Kamis (1/3) siang.

Pria yang biasa disapa Budi tersebut, implemantasi SDGs di Indonesia ditandaidengan keluarnya Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017. Oleh sebab itu, untuk menyukseskan pelaksanaan SDGs di semua wilayah, diperlukan kerjasama dari semua pihak, yang salah satunya adalah institusi pendidikan.

“Forum ini merupakan upaya kita untuk mempercepat implementasi SDGs melalui kerjasama antara , khususnya Bappeda dengan Universitas Negeri Jember”, ujarnya.

Ia menjelaskan, indikator SDGs merupakan perluasan dari indikator MDGs yang mencakup 17 tujuan, 169 target dan 241 indikator. Dengan makin banyaknya indikator, maka untuk mencapainya bisa jadi lebih sulit. Karena itu implementasinya perlu dilaksanakan secara terbuka, terpadu, dan dengan semangat dan disiplin tinggi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pemprov Jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video