Hadapi UN, Ratusan Siswa SMANU 2 Gresik Ritual Mandi Kembang | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hadapi UN, Ratusan Siswa SMANU 2 Gresik Ritual Mandi Kembang

Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Selasa, 27 Maret 2018 11:54 WIB

Salah satu siswa ketika disiram dengan air kembang. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Menjelang digelarnya Ujian Nasional (UN), sejumlah siswa di Kabupaten Gresik melalukan beberapa upaya agar dimudahkan dalam mengerjakan soal UN. Di SMA Nahdlatul Ulama (SMANU) 2 Gresik, Jawa Timur, misalnya, ada ritual unik untuk menyambut menjelang UN tingkat SMA sederajat yang akan dilaksanakan 9 April. Mereka mandi dengan air bercampur kembang tujuh rupa, Sabtu (24/3/2018) malam kemarin.

Satu per satu, kedua tangan siswa-siswi dibilas dengan air kembang lalu dibasuhkan ke wajahnya dan kemudian diguyurkan ke kepala secara bergantian.

Ritual tersebut dilakukan sebagai bentuk pembersihan jiwa raga serta hati untuk memantapkan diri menyambut UN yang akan digelar pada 9 April mendatang. Sebelum dibilas ke tangan dan dibasuh ke wajah mereka, para guru agama yang membimbing jalannya ritual mendoakan air bercampur dengan kembang tujuh rupa tersebut.

Alifia Yunanda Primadiani, salah satu siswa menyatakan ritual mandi kembang ini dilakukan sebagai bentuk pembersihan diri. "Agar hati dan pikiran bersih, sehingga bisa tenang dan konsentrasi saat mengerjakan UN nanti," katanya.

Waka Kesiswaan SMANU 2 Gresik Slamet Hariyadi menjelaskan, ritual mandi kembang sudah rutin dilaksanakan setiap tahun ketika para siswa hendak melaksanakan UN. Menurut dia, ritual ini dilakukan hanya pelengkap dan tidak ada unsur mistis.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   un gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video