Ratusan Pendekar PSHT di Tuban Napak Tilas ke "Loji" | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ratusan Pendekar PSHT di Tuban Napak Tilas ke "Loji"

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Istihar
Selasa, 25 Desember 2018 16:38 WIB

Ratusan warga PSHT mendapatkan pengarahan dari sesepuh saat berada di Loji.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati hari besar nasional napak tilas, ratusan pendekar PSHT di Tuban melakukan long march menuju kawasan migas bangunan-bangunan rumah (Loji) peninggalan sejarah era penjajahan Belanda di Gunung Gong, Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Selasa (25/12).

Long march yang diikuti ratusan siswa-siswi dan warga PSHT tersebut guna mengingatkan sejarah para pejuang di zaman perintis kemerdekaan 1917 melalui dunia pencak silat. Salah satunya, jasa Ki Hadjar Hardjo Oetomo dari Madiun yang turut berperan merintis kemerdekaan dengan menyatukan elemen bangsa lewat organisasi dan dunia silat.

"Kita berharap dengan mengunjungi tempat sejarah (loji) juga akan menambah wawasan sejarah ke Indonesian dan ke-SH-an yang ditanamkan sejak masuk sebagai siswa PSHT. Sehingga, nilai-nilai sejarah luhur tersebut perlu dilestarikan," ungkap Pengurus Harian PSHT Kabupaten Tuban, Zakki Mubarrok, kepada BANGSAONLINE.com.

Senada dikatakan sesepuh PSHT Senori, Agus Trianto. Menurutnya, kegiatan ini bagian dari meneguhkan nilai-nilai ke-SH-an, bahwa setiap siswa dan warga SH harus mempunyai sikap hidup tidak boleh menindas orang lain dan tidak mau ditindas orang lain.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video