Kemenag Tuban Gelar Pelatihan Deteksi Gangguan Penglihatan untuk Guru MTs | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kemenag Tuban Gelar Pelatihan Deteksi Gangguan Penglihatan untuk Guru MTs

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Selasa, 19 Maret 2019 13:42 WIB

Suasana pelatihan Deteksi Gangguan Penglihatan untuk Guru MTs yang digelar oleh Kemenag Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Indonesia menduduki gangguan penglihatan nomor 2 di dunia setelah Ethiopia. Sedangkan, untuk di Indonesia sendiri Jawa Timur menduduki urutan pertama.

Berkaca pada fakta tersebut, ikut berperan aktif dalam upaya menurunkan angka gangguan penglihatan di madrasah. Caranya, dengan memberikan edukasi kesehatan mata kepada guru MTs se-Kabupaten Tuban melalui kegiatan Pelatihan Guru MTs Dalam Upaya Membangun Sistem Layanan Kesehatan Mata yang Komprehensif dan Inklusif di wilayah Kabupaten Tuban, Selasa (19/3).

Hadir dalam acara tersebut narasumber dari Puskesmas Jenu dokter Dede Kurniawati yang juga sebagai fasilitator. Acara ini bekerja sama dengan Yayasan Paramitra Jawa Timur yang berkedudukan di Kota Batu, Jatim. Sementara undangan terdiri dari guru MTs se-Kabupaten Tuban sebanyak 72 orang, terbagi menjadi dua kelompok yakni 19 dan 20 Maret 2019.

Kasubag Tata Usaha Kankemenag Kabupaten Tuban, Achmad Badrus Sholeh menyampaikan, pelatihan ini penting agar agar para guru dapat melakukan deteksi dini pada siswa terkait dengan gangguan penglihatan.

"Gangguan penglihatan banyak terjadi pada siswa SMP atau MTs. Mereka tidak bilang dan diam sehingga dari pihak guru tidak mengetahui. Setelah guru tahu, ikut mencari solusi, di antaranya dengan menempatkan siswa yang terkena gangguan penglihatan tersebut tidak duduk di belakang," jelas pria asal Kota Soto ini.

Sementara itu dokter Dede Kurniawati menjelaskan bahwa kelainan pada mata akan sangat mengganggu aktivitas, khususnya pada anak-anak. Sedangkan, kelainan refraksi pada mata seperti Miopi (Rabun Jauh), Hipermetropi (Rabun Dekat), Astigmatisme (Silinder) akan sangat mengganggu proses belajar mengajar.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Kemenag Tuban

Berita Terkait

Bangsaonline Video