Bancakaan Kayon, Ritual 50 Tahunan Warga Bejagung Tuban | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bancakaan Kayon, Ritual 50 Tahunan Warga Bejagung Tuban

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Kamis, 02 Mei 2019 16:47 WIB

Replika bangunan rumah berupa kuncup makam Sunan Bejagung Lor dan gunungan yang berisi sayur dan buah-buahan saat dikirab.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Ritual Bancakan Kayon kembali digelar masyarakat Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Kamis (2/5).

Masyarakat sekitar biasanya menyebut agenda 50 tahunan itu dengan istilah Ritual Bancakan Kayon. Ritual itu digelar sebagai bentuk syukur atas direnovasinya makam Sunan Syeh Asy'ari Bejagung.

Kepala Desa Bejagung, Aang Suttan Manuhutung Rahman Siregar mengatakan, agenda yang diperingati 50 tahun sekali itu dilangsungkan di sekitar area makam Sunan Syeh Asy'ari Bejagung dengan melibatkan seluruh masyarakat desa.

Antusiasme masyarakat sangat tinggi dalam kegiatan ini. Hal ini terlihat dari banyaknya warga yang membawa tumpeng berisi berbagai macam makanan sebagai wujud syukur.

"Sebelum acara syukuran dimulai, sejumlah warga terlebih dahulu melakukan kirab dengan membawa replika cungkup makam sunan Bejagung keliling kampung hingga menuju ke pemakaman," kata Aang Suttan. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   budaya tuban

Berita Terkait

Bangsaonline Video