​Dinas ESDM Perkenalkan Misari di Jatim Fair 2019 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Dinas ESDM Perkenalkan Misari di Jatim Fair 2019

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Selasa, 08 Oktober 2019 21:50 WIB

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama Sekdaprov, Heru Tjahjono melihat alat uji mineral "Misari" di stan Dinas ESDM Jatim di Jatim Fair 2019. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Timur menampilkan alat canggih dalam pameran Jatim Fair 2019 bernama Uji Mineral Satu Hari (Misari). Alat ini bisa mengukur kadar mineral baik yang ada di dalam berbagai batuan berupa emas, tembaga, intan, perak dan lain sebagainya.

“Jika dulu kita melayani pengujian minimal 10 hari, dan harus ke lokasi langsung, maka sekarang hanya perlu 1 hari saja dan sample mineral bisa dibawa ke lokasi pengujian,” jelas Setiajit, Kepala Dinas ESDM, Selasa (8/10).

Menurut Setiajit, Misari merupakan salah satu bentuk inovasi pelayanan untuk mempercepat proses pelayanan publik yang efektif dan efisien kepada masyarakat terkait dengan uji mineral (logam, non logam, dan batuan) dengan menggunakan teknologi X- Ray Fluoroscence (X-RF).

“Sistem kerja alat XRF dapat dilakukan di laboratorium maupun di luar laboratorium (lapangan), yaitu dengan menggunakan sinar-x yang ditembakkan kedalam inti atom dari material/mineral, sehingga terdefraksi menjadi sejumlah gelombang cahaya yang akan diterima oleh detektor dan hasilnya akan muncul pada layar monitor dalam bentuk kuantitas,” papar Setiajit.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video