DPC Gerindra Jember: Interpelasi Hal Wajar, Eksekutif Harus Bisa Berikan Jawaban Rasional | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

DPC Gerindra Jember: Interpelasi Hal Wajar, Eksekutif Harus Bisa Berikan Jawaban Rasional

Editor: .
Wartawan: Yudi Indrawan
Rabu, 25 Desember 2019 17:30 WIB

Sidang paripurna agenda interpelasi Bupati Jember Faida yang digelar di gedung DPRD Jember, Senin (23/12) lalu.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Penggunaan Hak Interpelasi oleh mayoritas anggota DPRD Jember menyikapi banyaknya persoalan yang ada, dinilai DPC Gerindra Jember sebagai bentuk kewajaran. Sebab, DPRD Jember memang memiliki wewenang pengawasan, berhak untuk bertanya dan meminta penjelasan terkait persoalan yang memang hanya bisa dijawab oleh eksekutif.

Hal ini disampaikan Ketua DPC Gerindra Jember Moh. Satib, menyikapi penggunaan Hak Interpelasi DPRD Jember kepada Pemkab setempat, Rabu (25/12/2019).

Menurutnya, Hak Interpelasi itu perlu ditanggapi positif, dan pihak eksekutif harus bisa memberikan jawaban yang rasional sesuai fakta. "Jangan ditanggapi sebaliknya. Interpelasi itu kan hak dewan dalam melakukan penyikapan, atau kita bertanya kepada eksekutif. Saya kira hal itu tidak perlu ditakutkan, dan wajar," kata Satib.

Pria yang juga menjabat sebagai Anggota Komisi D DPRD Provinsi Jatim ini mengingatkan eksekutif, untuk tidak terlalu menanggapi negatif interpelasi yang dilakukan dewan. "Karena nantinya, eksekutif memberikan jawaban, dan ketika legislatif mendapat jawaban yang rasional, dan bisa diterima, berarti kan sudah selesai," ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video