Risma Ajak Warga Lawan Virus Corona Bersama-sama | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Risma Ajak Warga Lawan Virus Corona Bersama-sama

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Minggu, 15 Maret 2020 21:11 WIB

Wali Kota Risma saat jumpa pers di rumah dinas, Jalan Sedap Malam, Minggu (15/3). Foto: YUDI ARIANTO/ BANGSAONLINE?

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Tri Rismaharini mengatakan, saat ini protokol kehidupan sehari-hari sangatlah berbeda dengan sebelumnya. Baik kehidupan yang mendasar di lingkungan keluarga, tempat kerja, hingga fasilitas umum. Hal ini sebagai upaya untuk mengantisipasi persebaran Virus Corona (Covid-19) lebih luas di tengah masyarakat.

“Protokolnya memang ada yang berubah, seperti kita tidak boleh bersalaman. Karena itu saya harap semua tidak perlu saling tersinggung atau marah,” kata Risma saat jumpa pers di rumah dinas, Jalan Sedap Malam, Minggu (15/3).

Ia menyontohkan, apabila di tempat ibadah ada seseorang yang tak mau menggunakan karpet untuk sholat, maka dia juga berupaya untuk melindungi semua. Menurutnya, hal yang dilakukan itu juga sebagai upaya untuk melindungi semuanya.

Wali kota perempuan pertama di ini pun mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar terus menjaga pola hidup bersih dan sehat. Salah satunya dengan cara rajin mencuci tangan menggunakan hand sanitizer.

Presiden UCLG Aspac ini juga berpesan, apabila merasa tidak sehat dan bergejala pneumonia seperti sesak napas, demam, batuk, dan pilek, agar segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) terdekat.

“Karena itu cari (rumah sakit) yang terdekat. Kenapa? kalau ini sebetulnya kita bisa cepat antisipasi, maka ia juga cepat sembuh. Memang lebih baik itu mencegah,” katanya.

Bahkan, untuk mengantisipasi persebaran COVID-19 agar tidak meluas, Wali Kota Risma bakal mengundang berbagai elemen masyarakat. Sebab, ia menilai, Virus Corona ini sudah menjadi permasalahan bersama. Karenanya, untuk melawan virus tersebut harus dilakukan bersama-sama.

“Karena ini adalah masalah bersama, karena siapa pun dia, kapan pun dia, bisa saja terkena. Nanti kita buat protokol seperti apa, baik di sekolah, perkantoran, transportasi massal maupun transportasi umum itu nanti seperti apa,” tegasnya.

Risma mengakui, pihaknya melalui jajaran kecamatan dan kelurahan juga terus melakukan sosialisasi langsung ke tempat-tempat ibadah. Ia ingin agar para pengurus masjid rutin menjaga kebersihan, seperti membersihkan karpet untuk tempat sholat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video