H. Muzamil Syafi'i: Menyongsong New Normal, Ponpes Harus Ada Perhatian Khusus | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

H. Muzamil Syafi'i: Menyongsong New Normal, Ponpes Harus Ada Perhatian Khusus

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Ahmad Fuad
Kamis, 04 Juni 2020 15:22 WIB

Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, H. Muzamil Syafi'i, S.H., M.Si.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, H. Muzamil Syafi'i angkat bicara terkait rencana penerapan  yang bakal digulirkan pemerintah. Menurutnya, salah satu yang harus dipersiapkan dan diperhatikan adalah pondok pesantren (ponpes) apabila kebijakan  diberlakukan.

"Tentunya salah satu yang harus dipersiapkan adalah ponpes, karena tahun ajaran baru di ponpes itu tidak sama dengan sekolah pada umumnya yang masuknya pada bulan Juli, melainkan bulan Syawal. Kalau dalam keadaan normal, sejatinya mereka harus masuk ponpes dalam waktu satu minggu ke depan. Namun, kondisi pandemi ini tentunya harus dipersiapkan, kehidupan di pesantren berbeda dengan kehidupan di luar atau komunitas yang lain," jelas Mantan Wakil Bupati Pasuruan tersebut kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (4/6/2020).

Muzamil menjelaskan, di ponpes para santri hidup bersama selama 24 jam penuh dengan kondisi wilayah ponpes yang relatif. Ada yang luas, tapi ada juga yang sempit.

"Mereka bermalam di kamar yang kadang kapasitasnya dipakai di luar kewajaran pada umumnya. Ada juga yang pola makannya dilakukan secara berkelompok dengan talam untuk 4 sampai 6 orang, sehingga kayaknya agak sulit melakukan proses physical distancing," ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video