9 Profil Wantimpres yang Dilantik Presiden Jokowi Hari Ini | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

9 Profil Wantimpres yang Dilantik Presiden Jokowi Hari Ini

Senin, 19 Januari 2015 13:35 WIB

Inilah 9 Wantimpres yang dilantikan Presiden Jokowi siang ini. Foto: detik.com

BangsaOnline-Presiden Joko Widodo melantik 9 anggota Dewan Pertimbangan Presiden () di Istana Negara. Siapa saja mereka? Bagaimana profil mereka?

Acara pelantikan digelar di Istana Negara, Jakpus, Senin (19/1/2015) siang ini. Presiden Joko Widodo dan wakilnya Jusuf Kalla hadir.

Para anggota ini didominasi perwakilan dari partai politik pengusung -JK. Sisanya profesional. Berikut profil mereka:

1. Sidarto Danusubroto

Sidarto Danusubroto merupakan purnawirawan jenderal polisi dengan pangkat terakhir Inspektur Jenderal (Irjen). Jabatan terakhirnya di Korps Bhayangkara yaitu sebagai Kapolda Jawa Barat pada tahun 1988-1991. Tak lagi aktif di kepolisian, Sidarto terjun ke dunia politik.

Tahun 1999, pria kelahiran Banten 78 tahun lalu itu terpilih sebagai anggota DPR RI hingga 2014 dan menjadi bagian fraksi PDIP. Tahun 2013 ia menjabat sebagai ketua MPR RI menggantikan Taufiq Kiemas. Sidarto termasuk yang aktif meminta untuk mempertimbangkan rekomendasi KPK dan PPATK saat masa pemilihan calon menteri Kabinet Kerja. Jabatan terakhir Jenderal TNI (Purn) Subagyo Hadi Siswoyo ialah Kepala Staf TNI Angkatan Darat periode 1998-1999. Ia adalah satu-satunya KSAD yang pernah menjabat dengan tiga Presiden Indonesia yang berbeda.

Subagyo lahir di Piyungan, Yogyakarta, 68 tahun lalu. Karir mantan komandan Paspampres di era Soeharto melejit saat menjabat Danjen Kopassus. Setelah itu kariernya mentereng saat terpilih sebagai Pangdam Diponegoro, Wakasad dan kemudian KSAD.

3. Yusuf Kartanegara

Yusuf Kartanegara adalah Sekjen PKPI, partai yang dibesut oleh mantan gubernur DKI Sutiyoso. Menurut Sutiyoso, Yusuf pernah jadi jaksa agung muda dan mumpuni jadi wantimpres. Dia juga seorang purnawirawan jenderal TNI dengan pangkat terakhir letjen.

4.KH Hasyim Muzadi

KH Hasyim Muzadi adalah mantan ketua umum PBNU dua periode. Kini Rais Syuriah PBNU dan pengasuh dua pesantren mahasiswa al-Hikam yang terletak di Malang Jawa Timur dan Depok Jawa Barat. Ia pernah mendampingi Megawati Soekarnoputri sebagai calon Wakil Presiden di Pilpres 2004 silam. Pria 70 tahun ini merupakan tokoh Islam moderat dan memiliki jaringan internasional, terutama dalam dunia Islam.

5. Suharso Monoarfa

Suharso Monoarfa pernah menjabat sebagai menteri Perumahan Rakyat pada periode presiden SBY sebelum akhirnya digantikan oleh Djan Faridz. Sebelum ditunjuk sebagai menteri, Suharso merupakan anggota DPR periode 2004-2009 dan 2009-2014.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: detik.com

 

sumber : detik.com

 Tag:   Jokowi Wantimpres

Berita Terkait

Bangsaonline Video