DPRD Kediri Usulkan Tanggap Bencana Jadi Mata Pelajaran di Sekolah Daerah Rawan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

DPRD Kediri Usulkan Tanggap Bencana Jadi Mata Pelajaran di Sekolah Daerah Rawan

Editor: Revol
Wartawan: Arif Kurniawan
Kamis, 19 Februari 2015 16:31 WIB

KEDIRI (BangsaOnline) - Komisi D DPRD Kabupaten Kediri mengusulkan mata pelajaran Tanggap Bencana sebagai muatan lokal (Mulok) di sekolah yang wilayahnya masuk dalam kategori rawan bencana. Mulok tersebut untuk memberikan bekal pengetahuan pada anak-anak dalam menghadapi bahanya bencana di sekitar lingkungannya.

Aggota komisi D DPRD Kabupaten Kediri, Taufiq Chafifudin, mengatakan, perlunya pelajaran tanggap bencana pada anak-anak disetiap sekolah. Hal itu menurutnya sebagai langkah antisipasi jatuhnya korban terutama anak-anak didaerah rawan bencana.

“Kita tida bisa cukup berbangga hati dengan erupsi gunung Kelud yang tidak ada korban. Karena disitu justru banyak pelajaran yang bisa kita ambil, penanganan bencana saat itu sangat amburadul. Untuk itu perlu kiranya pengetahuan penanggulangan bencana agar warga terutama anak-anak lebih tanggap terhadap gejala bencana dilingkungan mereka,” ujarnya.

Wilayah Kabupaten Kediri yang berdekatan dengan kawasan gunung berapi dan pegunungan lain, memiliki potensi bencana cukup tinggi. Di Kabupaten Kediri, sedikitnya terdapat empat kecamatan dari 26 yangvmasuk kawasan bahaya gunung berapi. Keempat kecamtan itu yakni, Kecamatan Ngancar, Puncu, Kepung dan Kecamatan Wates.

Di wilayah barat sungai Brantas yang merupakan wilayah pegunungan, memiliki potensi bencana longsor.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   DPRD Kediri

Berita Terkait

Bangsaonline Video