HET Minyak Goreng di Kota Kediri Belum Turun Merata

HET Minyak Goreng di Kota Kediri Belum Turun Merata Petugas saat mengecek ketersediaan minyak goreng di sebuah toko modern. (foto: ist.)

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Harga minyak goreng di ternyata belum sepenuhnya sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan berlaku pada 1 Februari 2022.

Hal ini terungkap saat Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) bersama Bakorwil I Madiun dan UPT Perlindungan Konsumen Kediri melaksanakan monitoring sekaligus sekaligus sosialisasi di , Kamis (3/1).

Baca Juga: Gelar Acara Jalan Bareng Sindi, Pemkot Kediri Kenalkan Transportasi Umum pada Anak Disabilitas

Diketahui, ada beberapa pedagang yang masih menjual minyak goreng di atas HET yang ditetapkan pemerintah. Namun menurut Eka Pujiantoro, Kepala Sub Bidang Pembangunan Ekonomi I Bakorwil I Madiun, hal itu disebabkan minyak goreng yang dijual pedagang masih stok lama.

“Beberapa pedagang masih menjual di atas HET sebab menghabiskan stok lama/yang masih tersisa,” ujar Eka, KAMIS (3/2).

Eka mengakui pasokan minyak goreng untuk saat ini belum stabil, sehingga distribusinya juga belum maksimal. Selain itu, penarikan stok lama juga belum dilakukan secara menyeluruh oleh distributor.

Baca Juga: Jaga Akurasi Data Segmen PBPU, Pemkot Kediri dan BPJS Kesehatan Lakukan Evaluasi Data Peserta

Dalam kesempatan ini, ia juga menyampaikan curah yang masih menggunakan harga lama. Hal ini dikarenakan aturan terkait curah baru saja dikeluarkan. “Jadi, belum ada penurunan harga sesuai HET yang ditetapkan,” ucapnya.

“Perlu waktu untuk penyesuaian terkait penetapan harga-harga tersebut,” pungkas dia.

Di sisi lain, di toko modern maupun pasar swalayan terpantau sudah sesuai HET. 

Baca Juga: Kembangkan Kompetensi ASN, Pemkot Kediri Kembali Gelar Harmoni Belajar Seri II

“Retail modern dan pasar swalayan telah menerapkan HET minyak goreng sesuai ketentuan,” ucap Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Tanto Wijohari.

Pihaknya mendorong para pedagang grosir dan eceran untuk terus menjalin komunikasi dengan distributor untuk mendapatkan stok minyak goreng baru.

“Meski demikian, kami mengimbau kepada masyarakat selama masa peralihan dari harga lama ke harga baru ini masyarakat supaya tetap tenang dan tidak melakukan panic buying,” pungkas Tanto. (uji/ns)

Baca Juga: 3 Sekolah Raih Penghargaan Adiwiyata, Pj Wali Kota Kediri Berharap Jadi Motivasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO