DPU Bina Marga Pasuruan akan Perbaiki 6 Ruas Jalan

DPU Bina Marga Pasuruan akan Perbaiki 6 Ruas Jalan ILUSTRASI: Proses perbaikan jalan di wilayah Gempol.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kerusakan ruas jalan-jalan kabupaten di beberapa wilayah kecamatan menjadi perhatian serius Pemkab Pasuruan. Dalam waktu dekat, setidaknya ada 6 titik ruas jalan yang akan dibenahi oleh Dinas PU Bina Marga - Bina Konstruksi Kabupaten Pasuruan dari anggaran DAK pusat.

Rinciannya, dua perbaikan berupa pemeliharaan berkala di Jl. Sengonagung - Pager Kecamatan Purwosari disiapkan Rp2.5 miliar, dan di Jl. Semut - Ngembal Kecamatan Tutur Rp3 miliar.

Sedangkan 4 lainnya berupa rekonstruksi jalan, yakni di ruas Jl. Lecari - Kayoman Kecamatan Sukorejo Rp3.9 miliar, Jl. Kronto - Wonorejo Kecamatan Lumbang Rp2.7 miliar, Jl. Jimbaran - Keduwung Manis Rp3.8 miliar, dan Jl. Kedawung - Banyubiru Kecamatan Winongan Rp3.2 miliar.

Sekretaris Dinas PU Bina Marga - Bina Kontruksi, Eko Bagus, mengatakan tujuan dari pembangunan tesebut selain untuk mendukung koneksitas akses wisata di wilayah Kabupaten Pasuruan, juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Total panjang jalan yang akan dibenahi di 6 ruas tersebut lebih kurang 12,5 km, di mana tingkat kerusakannya juga tidak sama. Untuk yang rusak ringan atau sedang dimasukkan dalam pemeliharaan berkala. “Sedangkan untuk rekontruksi jalan dilakukan pada ruas jalan yang bergelombang atau kontur tanah labil,” jelasnya.

Saat ini proyek perbaikan jalan-jalan kabupaten itu masih dalam tahap lelang di BLP. Rencananya, kegiatan perbaikan dimulai pada pertengan Maret-April 2022 nanti.

“Untuk lelang pengerjaan tidak seperti tahun lalu. Sekarang kita upayakan dipercepat agar kerusakan jalan bisa segera dibenahi segera,” pungkas Eko. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO