Terima Kunjungan Duta Besar Inggris, Menkominfo Bahas Kolaborasi SATRIA-2

Terima Kunjungan Duta Besar Inggris, Menkominfo Bahas Kolaborasi SATRIA-2 Menkominfo, Johnny G Plate, saat menerima kunjungan Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN, dan Timor Leste, H.E. Owen Jenkins.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (), , menerima kunjungan kehormatan untuk Indonesia, ASEAN, dan Timor Leste, H.E. . Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam itu, mereka membahas kerja sama (SATRIA)-2.

“Hari ini saya dikunjungi oleh untuk Indonesia H.E. Mr. . Menindaklanjuti diskusi atau pembicaraan tentang UK Ekspor Finance untuk mendukung SATRIA-2,” ujarnya di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (25/2).

Menurut dia, SATRIA-2 yang akan dibangun Airbus merupakan High Throughput Satellite (HTS) kedua Indonesia. Kapasitas SATRIA-2 dirancang sama dengan SATRIA-1 sebesar 150 Gbps.

“Pemerintah Inggris memberikan dukungan yang serius untuk pembiayaan satelit baru itu. Dan dalam rangka itu, saya juga akan segera berkunjung ke Inggris untuk membicarakan dengan Airbus dan pemerintah Inggris untuk menindaklanjutinya,” tuturnya.

Ia memaparkan, SATRIA-2 telah masuk dalam Green Book Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). 

“Sehingga, skema yang dilakukan dimungkinkan melalui direct lending ke pemerintah Indonesia. Untuk itu, dokumen-dokumen pembiayaannya nanti akan dibicarakan antara UK Export Financing dengan Kementerian Keuangan. Karena hal ini untuk meningkatkan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Inggris,” paparnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO