Ada Kawasan Industri, Puskesmas Jabon Sidoarjo Kini Dilengkapi Layanan UGD

Ada Kawasan Industri, Puskesmas Jabon Sidoarjo Kini Dilengkapi Layanan UGD Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, saat meninjau fasilitas UGD Puskesmas Jabon. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com , Sidoarjo, kini dilengkapi layanan Unit Gawat Darurat (UGD) menyusul dibangunnya kawasan industri dan sudah ada perusahaan yang mulai beroperasi tahun ini di wilayah tersebut. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo juga sudah merencanakan akan membangun ruang rawat inap di untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

, Ahmad Muhdlor Ali, mengatakan bahwa peningkatan fasilitas dan layanan kesehatan itu sebagai bentuk komitmennya dalam memberikan pelayanan serta fasilitas kesehatan yang merata untuk warga di Kota Delta.

Baca Juga: Jalani Sidang Perdana, Begini Dakwaan Jaksa KPK ke Bupati Sidoarjo Nonaktif

"Dibangunnya gedung UGD ini adalah bentuk peningkatan kapasitas pelayanan kesehatan yang ada di Kecamatan Jabon, dengan mempertimbangkan bahwa Jabon sekarang bukan Jabon yang dahulu karena kedepan akan menjadi kawasan industri," ujarnya saat meresmikan gedung UGD , Kamis (10/3).

"Kawasan Industri Sidoarjo (KIS) yang berada di Kecamatan Jabon memiliki luas kurang lebih 300 hektare. Oleh karena itu harus diperkuat dengan peningkatan infrastruktur kesehatan dan apabila terjadi kecelakaan kerja, bisa segera tertangani," tuturnya menambahkan

Dengan adanya pelayanan UGD di , menyebut pelayanan kesehatan untuk warga sekitar sudah ditingkatkan dan selanjutnya akan dilengkapi ruang rawat inap.

Baca Juga: Ikuti Rakercabsus, Kader PDIP Siap Menangkan Pilkada di Sidoarjo dan Jawa Timur

"Nantinya, warga Jabon tidak perlu jauh-jauh datang ke RSUD Sidoarjo untuk berobat, karena Puskemas Jabon selain sudah ada UGD, ke depannya akan dilengkapi ruang rawat inap," kata Alumni Fisip Unair itu.

Bahkan, Pemkab Sidoarjo sudah menyiapkan anggaran Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin(JKMM) untuk warga tidak mampu. Dengan program itu, warga tidak mampu akan mendapatkan layanan kesehatan gratis yang dibiayai dari dana APBD Sidoarjo.

"Untuk memperoleh layanan JKMM ada prosedur yang harus dilalui. Saya berharap di Jabon bisa berjalan sesuai alur prosedurnya, dan seluruh puskesmas harus paham dengan prosedur JKMM, agar mayarakat yang ingin mendapatkan pelayanan JKMM ini tidak merasa dipersulit," ucap putra KH Agoes Ali Masyhuri ini.

Baca Juga: Siang-Malam, Plt Bupati Sidoarjo Sisir Warga yang Butuh Bantuan

Program JKMM tahun 2022 sudah dianggarkan. pun mendorong warga Jabon bisa manfaatkan fasilitas dari Pemkab Sidoarjo, khususnya untuk menjawab beberapa permasalahan tujuh desa di wilayah Jabon yang didapati angka stunting-nya masih tinggi.

"Adanya peningkatan layanan kesehatan ini harapannya bisa menjawab banyak isu terkait gizi, stunting kesehatan msyarakat, tumbuh kembang anak, gizi anak dan mendukung peningkatan SDM kedepannya," paparnya.

Ia menyebut, Kecamatan Jabon akan bertranformasi secara perlahan, seperti akan adanya pasar. Nantinya, Kecamatan Jabon bisa mandiri dan punya daya saing.

Baca Juga: Stan Terbakar, Pedagang Pasar Krian Terima Bantuan dari Pemkab Sidoarjo

"Dan ini yang harus kita bangun dari bawah yaitu dari tingkat kesehatannya, pendidikannya, ekonomi mikronya kemudian ketersediaan lapangan kerjanya," ungkapnya.

Pengembangan merupakan alih fungsi rumah dinas dokter untuk ruang pelayanan UGD. Di dalamnya ada Kamar Bersalin di lantai bawah dan ruang pertemuan di lantai dua. Luas bangunan UGD, sekitar 528 meterpersegi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Syaf Satriawarman, menjelaskan akan menjadi puskesmas rawat inap. "Nanti akan mendukung pengembangan wilayah industri sehingga diharapkan nantinya akan ada kerjasama terus dalam pengembangannya," kata Syaf. (sta/mar)

Baca Juga: Salurkan Bantuan Pangan, Plt Bupati Sidoarjo Ajak Orang Tua Berperan Cegah Stunting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO