Reses di Gresik, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Disambati Sarpras Pendidikan Tak Layak

Reses di Gresik, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Disambati Sarpras Pendidikan Tak Layak Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat Deby Kurniawan saat reses di Gresik. foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Anggota dari Fraksi Partai , Deby Kurniawan disambati sarana dan prasaran (sarpras) Pendidikan di Kabupaten tak layak, saat melakukan serap aspirasi (reses) di Kecamatan Duduk Sampeyan, Kabupaten , Minggu (13/3/2022).

Hariyanto, salah satu kepala sekolah mengungkapkan, data pada Dinas Pendidikan (Disdik) saat ini terdapat 399 sekolah dengan kondisi rusak berat, sedang,  dan ringan. Untuk perbaikan sarpras tersebut membutuhkan bantuan dana sekitar Rp 300 miliar. Namun, alokasi untuk rehabilitasi dalam APBD di tahun 2022 hanya sekitar Rp 30 miliar.

“Itu fakta yang terjadi. Selain kami minta agar diberikan bantuan perbaikan sarpras, kami juga mohon alokasi untuk kuota Program Indonesia Pintar (PIP) ditambah lagi,” ucap Haryanto saat mengikuti reses.

Menanggapi aspirasi terkait sarpras pendidikan yang tak layak, Debby Kurniawan mengakui seharusnya dengan alokasi anggaran 20% dari APBN mampu menyelesaikan permasalahan yang ada di dunia pendidikan.

“Sebenarnya, permasalahan sarpras lembaga pendidikan yang tak layak bukan hanya di wilayah 3T (terdepan, terpencil dan tertingga) saja. Tapi, realitas itu masih banyak dijumpai di Pulau- Pulau Jawa. Banyak bangunan sekolahan yang tidak layak,” ungkapnya.

Deby menyebutkan, ada alokasi anggaran dari APBN 2022 untuk pendidikan di Kabupaten dari pemerintah pusat.

“Dari data saya, alokasinya sekitar Rp 80 miliar,” ungkap legislator dari daerah pemilihan (Dapil) X ( dan Lamongan) ini.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO