Regenerasi, Gus Ipul Ajak Anak Muda Jadi Modin Pemulasaran Jenazah

Regenerasi, Gus Ipul Ajak Anak Muda Jadi Modin Pemulasaran Jenazah Wali Kota Pasuruan Gus Ipul saat membuka kegiatan pembinaan petugas pemulasaran jenazah (modin) di Gedung Gradika Kota Pasuruan, Rabu (20/4/2022).

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wali Saifullah Yusuf membuka kegiatan pembinaan petugas (modin) di Gedung Gradika , Rabu (20/4/2022). Acara itu diikuti 315 peserta dan 35 orang pendamping .

Dalam sambutannya, wali kota yang karib disapa Gus Ipul itu mengajak anak-anak muda untuk mau menjadi pendamping . Sebab, petugas yang ada saat ini mayoritas sudah tergolong tua. Yaitu yang usianya 70 tahun ke atas sejumlah 30 orang, usia 50 sampai dengan 70 tahun sejumlah 176 orang, dan sisanya usia di bawah 50 tahun sejumlah 109 orang.

Baca Juga: Pjs Wali Kota Pasuruan Hadiri Kirab Maskot Pilkada 2024

“PR-nya, kita mengajak anak-anak muda untuk mau menjadi pendamping , dengan memberikan pelatihan sehingga yang muda mau ikut belajar paling tidak menjadi asisten petugas ,” ujar Gus Ipul.

Gus Ipul juga berpesan kepada penjaga makam agar menata dan merapikan kuburan. "Karena ini (makam) merupakan rumah masa depan kita semua. Terkadang, kuburan tidak terurus. Kita sering ke makam para aulia, makam kiai, tapi kita lupa kadang-kadang sama makam orang tua kita," ujarnya

Menurutnya, ada empat pesan yang bisa dipetik dengan rajin ziarah makam. Pertama, membuat hati lebih dingin dan tenang. Kedua, ingat pada orang tua leluhur. Ketiga, mengingatkan akan mati, dan keempat, bisa tersambung keberkahan leluhur yang terdahulu.

Baca Juga: Lilik Pujiastuti Dilantik Sebagai Penjabat Sementara Wali Kota Pasuruan

Apik-apikan (mempercantik) kantor lurah itu biasa, tapi apik-apikan (mempercantik) kuburan itu istimewa,” ungkapnya.

Ia berharap, kuburan atau makam sebagai merupakan rumah masa depan dapat diubah menjadi lebih nyaman, baik bagi yang sudah meninggal maupun yang masih hidup. "Khususnya toiletnya harus baik, sehingga ketika melewati kuburan tidak terlihat lagi angker dan peziarah betah," cetusnya.

Dengan sisa masa jabatan yang kurang lebih dua tahun lagi berakhir, Gus Ipul meminta kepada dinas perkim mempercantik makam yang ada di . Harapannya, bisa menjadi warisan atau kenang-kenangan usai jabatan wali kota berakhir.

Baca Juga: Pesan Plt Wali Kota Pasuruan saat Hadiri Sholawatan di Peringatan Hari Kejaksaan RI ke-79

“Makam ini menjadi rumah masa depan kita yang harus kita rawat, kita rapikan, sehingga paling tidak seminggu sekali, sebulan sekali, bahkan setahun sekali di momen lebaran bisa berkunjung, bisa berziarah, sehingga kita mengingat jasa orang tua. Sekaligus mendidik anak-anak kita, bahwa kita punya orang tua yang patut untuk dikirimi doa setiap saat di mana pun kita berada,” pungkasnya.

Di akhir sambutan, Gus Ipul perintahkan untuk menaikkan insentif bantuan pemerintah kepada petugas (modin) di tahun depan.

Baca Juga: Silaturahmi ​Pemkot Pasuruan dengan Tomas dan Ormas, Adi Wibowo Bersyukur karena Hal ini

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Wali Adi Wibowo, Ketua MUI , Asisten I, dan Camat se-. (ard/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Heboh, Bayi Diduga Hasil Hubungan Gelap Ditemukan Warga Kota Pasuruan di Saluran Irigasi Sawah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO