Upayakan Eksis di Toko Modern, DPMPTSP Kota Kediri Gelar Kurasi Produk UMKM

Upayakan Eksis di Toko Modern, DPMPTSP Kota Kediri Gelar Kurasi Produk UMKM Suasana kegiatan kurasi awal dalam rangka Fasilitasi Kemitraan antara UMKM di Kota Kediri dengan Toko Modern. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 80 pelaku di mengikuti kegiatan kurasi awal dalam rangka fasilitasi kemitraan antara dengan toko modern dalam (Produk Asli ), di Ruang Kilisuci Pemkot Kediri, Kamis (14/7/2022).

Edi Darmasto, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) , mengatakan kedelapan puluh tersebut merupakan pilihan dari tiga dinas teknis. Yaitu dinas perdagangan dan perindustrian, dinas koperasi dan UMTK, serta dinas kesehatan.

Baca Juga: ​Pemkab Resmi Ganti Beberapa Acara di Gelaran Jombang Fest 2024, Ini Alasannya

Menurutnya, kurasi sangat penting untuk mengetahui kesesuaian proses produksi, bahan baku, product knowledge, kemasan, hingga harga produk. Selain itu, untuk mengetahui adanya potensi pengembangan produk serta memastikan keberadaan setiap produk memiliki standar mutu dan kelayakan untuk konsumen.

Melalui proses kurasi ini, DPMPTSP akan mengirimkan sampel produk beserta data penunjang kepada toko modern yang telah bermitra.

“Seharusnya mereka minta kelengkapan dilampirkan mulai dari: NIB, PIRT, sertifikat halal, tapi kami lakukan negosiasi untuk memudahkan pelaku . Nanti kalau sudah dinyatakan lolos, baru kami kirimkan kelengkapannya,” ungkap Edi.

Baca Juga: Adhy Karyono Optimistis Jatim Fest 2024 Jadi Katalisator Pertumbuhan UMKM

Diketahui, pada tahun 2022, Pemkot Kediri telah melakukan kerja sama dengan berbagai toko modern, antara lain: Alfamart, Alfa Midi, Indomaret, Hypermart.

“Untuk Hypermart dan Alfa Midi belum ada Pusaka, kemudian yang sudah menjalankan program Pusaka satu tahun namun perlu penambahan yaitu Alfamart dan Indomaret,” jelasnya.

Agar sukses menembus toko modern, Edi mengemukakan produk perlu mencantumkan informasi kemasan, seperti: PIRT, logo halal, gramasi, serta tanggal kedaluwarsa.

Baca Juga: 3 Sekolah Raih Penghargaan Adiwiyata, Pj Wali Kota Kediri Berharap Jadi Motivasi

“Yang sudah ikut melaksanakan kemitraan di tahun lalu yaitu Alfamart dan Indomaret. Selama bermitra, produk yang masuk ke mereka belum ada evaluasi baik dari segi omzet, packaging, penjualan. Sehingga kami bisa menghubungi mereka agar tahun ini bisa melakukan penambahan produk,” ujar Edi.

Tercatat sudah 80% toko modern di yang telah menjalin kerja sama dengan Pemkot Kediri. Pihaknya menargetkan tahun ini seluruh toko modern dapat melaksanakan program Pusaka.

Guna mencapai target tersebut, Pemkot Kediri menetapkan regulasi yang mewajibkan toko modern memasarkan produk .

Baca Juga: Sekdakot Kediri Sambut Kedatangan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Wali Nomor 28 Tahun 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Kemitraan Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern dengan Usaha Kecil.

“Ini sudah kami wajibkan bagi seluruh toko modern. Jadi bagi yang tidak menjalankan program ini bisa disebut melanggar aturan. Kami pastikan ini akan berjalan selamanya dalam arti selama toko modern ini beroperasi,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Dewi, Pemilik Kingkres menyampaikan pengalamannya selama tiga tahun bekerja sama dengan Indomaret. Menurutnya, respons konsumen cukup positif.

Baca Juga: Polres Kediri Kota Tangkap Pelaku yang Aniaya Adik Kadungnya hingga Tewas, Apa Motifnya?

“Saya senang karena orang kalau mau beli jadi lebih mudah. Supaya bisa tetap ada di toko modern, kami terus melengkapi perizinan karena perizinan sangat penting,” ucap Dewi seraya berharap agar produk Kingkres semakin dikenal serta semakin mudah dijangkau konsumen. (uji/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO