TNI AU Gelar Latihan di Notohadinegoro Jember

TNI AU Gelar Latihan di Notohadinegoro Jember Ratusan penerjun Payung dari Pangkalan TNI AU Lanud Abdulrachman Saleh, Malang menggelar Latihan Operasi di Bandar Udara Notohadinegoro, Jember, Kamis (23/4) pagi. Foto: yudi indrawan/BANGSAONLINE

Listen to this article

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Pasukan Pangkalan AU Lanud Abdulrachman Saleh, Malang menggelar Latihan Operasi di Bandar Udara Notohadinegoro, Jember, Kamis (23/4) pagi.

Latihan yang diberi nama Latihan Operasi Garuda Perkasa itu melibatkan 1.300 anggoa Lanud Abdurrahman Saleh, yang terdiri dari Batalyon Komando 464 Paskhas dan Detasemen Matra.

Dilengkapi dengan 1 unit pesawat intai C-212-Cesa, 2 unit pesawat angkut berat C-130 Hercules, dan 4 unit pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tukano, latihan disaksikan secara langsung oleh Komandan Lanud Abdurrahman Rachman Saleh Marsma Sungkono, dan didampingi Bupati Jember MZA Djalal.

Langit Jember pagi kemarin, dipenuhi puluhan penerjun payung yang diterjunkan dari pesawat hercules. Latihan yang baru pertama kali dilaksanakan di Jember ini, mensimulasikan operasi perebutan dan pengendalian pangkalan udara Notohadinegoro, Jember.

Operasi diawali penerjunan pasukan Pengendali Tempur (Dalpur) yang akan menyiapkan dropping zone. Kemudian disusul manuver-manuver tempur dari pesawat Super Tucano yang mensimulasi melakukan serangan udara. Diakhiri dengan penerjunan puluhan pasukan dari Skadron Udara 32. Penerjunan ini dilakukan dari pesawat hercules yang terbang rendah sekitar 1000 feet dari permukaan tanah.

Danlanud Abdurrahman Saleh Marsma Sungkono menyampaikan, latihan ini dilakukan untuk mempersiapkan pasukan agar selalu siap dengan tugas yang diberikan negara kepada para prajurit.

Bandar Udara Notohadinegoro sengaja dipilih sebagai tempat latihan karena merupakan obyek vital yang perlu diantisiapsi apabila terjadi masalah yang kemunkinan timbul di Bandar Udara Notohadinegoro.

“Kita gunakan sarana di Jember ini agar kita bisa menskenariokan gerakan sayap kanan bersenjata ini yang bergerak di area Jawa Timur bagian Selatan sudah bisa kita antisipasi,” tegas Danlanud.

Sementara Bupati Jember menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada Bandar Udara Notohadinegoro sebagai bagian dari Latihan Operasi dari Pangkalan AU Lanud Abdurachman Saleh. Djalal berharap dengan adanya latihan yang mendapat sambutan meriah dari masyarakat Jember ini dapat menggugah semagat generasi muda Jember. “Semoga akan timbul cita-cita dari pelajar dan generasi muda untuk menjadi bagian dari ,” harap Bupati.

Pada kesempatan ini, Djalal juga menyampaikan akan adanya pos Detasemen AU di Jember. Hal ini akan dibicarakan lebih lanjut dengan pihak AU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '3 Prajurit TNI Gugur Akibat Baku Tembak di Papua':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO