Dispendukcapil Kota Kediri Serahkan Akta Kematian Secara Door to Door

Dispendukcapil Kota Kediri Serahkan Akta Kematian Secara Door to Door Petugas Dispendukcapil Kota Kediri saat menyerahkan akta Kematian secara door to door. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dispendukcapil Kota melakukan percepatan penyaluran dengan cara , seperti di Kelurahan Bandar Kidul, Senin (22/8/2022). Hal itu dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Menyusuri jalanan hingga masuk ke dalam gang, petugas dispendukcapil menghampiri rumah dari Keluarga Nurhadi (alm) untuk menyerahkan kepada keluarganya.

Baca Juga: Polisi Tahan Pelaku KDRT di Kediri

“Sebelumnya data-data yang diperlukan sudah dikumpulkan melalui kelurahan seperti surat keterangan kematian, fotokopi KTP dan KK. Alhamdulillah aktanya sudah jadi, terus kami antarkan langsung kepada keluarga almarhum,” kata Kepala Dispendukcapil Kota , Syamsul Bahri.

Menurut dia, kegiatan ini juga sekaligus menanggapi surat dari Ditjen Dukcapil Kemendagri pada September 2021 lalu agar melakukan percepatan pelayanan akibat Covid-19 yang belum sempat diurus oleh keluarga yang bersangkutan.

“Tidak hanya menyerahkan saja, kami juga edukasikan kepada masyarakat penting ini. Karena masih banyak masyarakat yang belum begitu memahami tentang fungsi dari ini,” ujarnya.

Baca Juga: Jaga Keamanan Data, Pemkot Kediri Sosialisasikan Pengelolaan dan Pemanfaatan Data Kependudukan

“Seperti jika anak almarhum atau almarhumah ingin daftar polisi/TNI, saat pemberkasan perlu . Kemudian saat melakukan pernikahan dan sebagainya. Untuk itu kami juga wanti-wanti kepada masyarakat supaya dokumen itu dijaga dengan baik supaya tidak rusak atau hilang," imbuhnya

Bu Nurhadi, begitu warga memanggil wanita yang pernah menjadi istri almarhum ini, berterima kasih atas pelayanan yang diberikan Dispendukcapil Kota . “Alhamdulillah terima kasih banyak atas pelayanan ini, sangat memudahkan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, hingga saat ini kepemilikan di Kota secara keseluruhan sudah mencapai angka 70 persen dan Dispendukcapil Kota terus berusaha untuk meningkatkan capaian salah satunya dengan metode jemput bola ini. (uji/mar)

Baca Juga: Mortir Diduga Peninggalan Belanda Ditemukan di Kediri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO