Sambut Bandara Kediri, Dhito Dorong Diversifikasi Produk Unggul Pertanian

Sambut Bandara Kediri, Dhito Dorong Diversifikasi Produk Unggul Pertanian Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat menjadi keynote speaker dalam webinar yang diadakan Departemen Teknik Insfrastruktur Sipil Fakultas Vokasi, ITS Surabaya, Sabtu (1/10/2022).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com berupaya menggenjot diversifikasi produk pertanian yang selama ini menjadi unggulan. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan perekonomian di Bumi Panjalu, menyambut yang diperkirakan pembangunannya rampung tahun depan.

Ia berkeinginan, ke depan produk-produk pertanian unggulan bisa menjadi oleh-oleh khas Kabupaten Kediri, di samping tahu takwa.

Baca Juga: Partai Golkar Kediri Konsolidasi Internal Pemenangan Pilkada 2024

"Saya berharap orang nanti suatu saat pulang dari Kediri itu, yang pertama kita pastikan bawa tahu dan bawa nanas," kata bupati yang merupakan Putra Menseskab Pramono Anung itu saat menjadi keynote speaker dalam webinar yang diadakan Departemen Teknik Insfrastruktur Sipil Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Sabtu (1/10/2022).

Melalui diversifikasi, -sapaan - juga berharap ada inovasi kuliner dari produk pertanian unggulan seperti dan mangga podang. Sehingga, buah-buah andalan itu tidak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, namun dalam beragam bentuk oleh-oleh.

Dalam kesempatan itu, politikus PDIP ini juga menyampaikan pembagian kawasan agropolitan berdasarkan potensi unggulan, yang sedang dikembangan.

Baca Juga: Kampanye di Kecamatan Kepung, Dhito Dipuji Sebagai Pemimpin Pengayom Petani

Untuk kawasan Kecamatan Semen, Grogol, Banyakan, Tarokan, dan Mojo (Segobatam) difokuskan pada produk unggulan mangga podang, kop, ubi kayu, dan jeruk.

"Kopi, kita sedang melakukan penanaman di dan insyaAllah akan kita lakukan ekspor di tahun 2024. Adanya bandara tentu akan mempermudah proses ekspor ini," terangnya.

Kemudian, kawasan Kecamatan Pare, Plemahan, Papar, dan Purwoasri (Palempari) difokuskan sebagai penghasil padi dan palawija.

Baca Juga: Miliki Capaian Kinerja yang Bagus, Relawan P2K Optimis Dhito-Dewi Menangi Pilkada Kediri

Lalu Kecamatan Pare, Kandangan, Puncu, Kepung (Pakancupung) dijadikan sebagai kawasan penghasil cabe, bawang merah, dan sayuran.

Sedangkan , Wates, Plosoklaten, Kandat (Ngawasondat) punya produk unggulan pertanian berupa nanas dan pepaya.

mengungkapkan, bahwa Kabupaten Kediri dikenal sebagai penghasil cabe terbesar di Jawa Timur. Total produksinya dalam satu tahun bisa mencapai 90 juta ton.

Baca Juga: Program Pelatihan Santri yang Digagas Bupati Kediri Diapresiasi Pengasuh Ponpes

Kabupaten Kediri juga punya nanas varietas pasir kelud (PK-1) yang dikembangkan di Lereng Gunung Kelud . Nanas ini dikenal sebagai varietas paling manis, lezat, dan segar.

"Nanas ini seratnya bisa digunakan untuk pembuatan bahan baku pesawat dan ini masih terus dalam kajian," ungkap Mas .

"Produk unggulan ini kita diversifikasi terus produknya, kita kembangkan terus makin banyak dan kita persiapkan dengan adanya bandara di tahun 2023 yang mana tidak sampai satu tahun lagi sudah beroperasi," pungkasnya. (uji/rev)

Baca Juga: Bekali Keterampilan Santri, Pemkab Kediri Beri Pelatihan Kerja di Ponpes Al-Ishlah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO