Siswa Sekoad TNI Jaring Aspirasi di Gresik

Siswa Sekoad TNI Jaring Aspirasi di Gresik Para siswa Sekoad TNI ketika jaring aspirasi dengan elemen masyarakat Gresik. (syuhud/BANGSAONLINE)

Listen to this article

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Mabes (markas besar) memiliki harapan besar agar siswa-siswi didik mereka ke depan memiliki SDM (sumber daya manusia) handal, sehingga bisa memerbaiki kondisi bangsa Indonesia. Mereka juga dituntut bisa berperan dan menjalin komunikasi aktif dengan masyarakat. Sehingga, keberadaan makin diterima oleh masyarakat. 

Karena itu, meminta para siswa Sekoad (sekolah angkatan darat) untuk menggali data dan meminta saran dan masukan dari masyarakat untuk perbaikan di tubuh . Seperti yang dilakukan beberapa siswa Sekoad yang ditugaskan menggali informasi dari segala sektor sebanyak-banyaknya di Kabupaten Gresik.

Para siswa Sekoad itu lakukan wawancara dan dialog langsung dengan para elemen masyarakat di markas Kodim 0817 Gresik, Rabu (6/5). Para elemen yang diundang itu di antaranya, tokoh masyarakat, insan pers, tokoh partai, akademisi dan elemen lain. "Apa yang kami lakukan ini untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya dari masyarakat soal kondisi sekarang," kata Reno, salah satu siswa Sekoad.

Informasi dimaksud, lanjut Reno, mulai dari hubungan , baik secara kelembagaan maupun personel kepada pemerintah setempat, terlebih dengan masyarakat secara umum. "Kami ingin tahu sekarang respon masyarakat terhadap itu seperti apa. Karena itu, kami butuh masukan dan saran dari komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Gresik," jelasnya.

"Kami juga butuh kritik konstruktif (kritik yang membangun)," sambungnya.

Sebelumnya, menurut Reno, siswa Sekoad lakukan dialog dengan Bupati-Wabup Gresik, Sambari Halim Radianto-Moh Qosim. Dialog itu untuk mencari data dan informasi soal kondisi masyarakat Kabupaten Gresik, potensi daerah dan hubungan yang terjalin antara dengan pemerintah kabupaten Gresik.

Nah, dari hasil dialog dan penggalian informasi itu nantinya akan dibukukan oleh siswa Sekoad. Selanjutnya, akan diseminarkan di Jakarta. Dari hasil itu nantinya akan dibuatkan kesimpulan dan dijadikan bahan oleh untuk perbaikan di tubuh . "Sehingga, selaku instansi yang mengamankan negara NKRI ini makin bisa memberikan andil dalam perbaikan bangsa," pungkas Reno. (hud/rvl) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '3 Prajurit TNI Gugur Akibat Baku Tembak di Papua':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO