Ibunda Gus Dur Saat Hamil Tiap 3 Hari Khatamkan Al Quran

Ibunda Gus Dur Saat Hamil Tiap 3 Hari Khatamkan Al Quran Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam acara Maulidur Rasul Muslimat NU Jawa Timur dan Pelantikan PC Muslimat NU Surabaya di Jatim Expo International Convention Center, Jalan A. Yani Surabaya, Ahad (23/10/2022). Foto: Humas Pemprov Jatim

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan generasi sehat lahir batin tak cukup memperbaiki gizi tapi juga perlu kesehatan spiritual sehingga kita bisa mendapatkan putra-putri unggul dan sholeh-sholehah.

Ketua umum Pimpinan Pusat (PP) Muslimat itu kemudian memberi contoh riyadlah atau proses spiritual yang dilakukan ibunda KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), ketua umum PB tiga periode yang kemudian menjadi Presiden RI keempat.

Baca Juga: Dilantik Jadi Ketua DP HKTI Jatim, Khofifah Bertekad Wujudkan Smart Village dan Sejumlah Program

"Bu Nyai Solichah Wahid Hasyim dahulu semasa hamil, tiap 3 hari beliau selalu mengkhatamkan Al-Quran. Ini menjadi catatan kita semua, kalau ingin putra-putri yang terlahir soleh solehah, mendatangkan manfaat, dan memberikan kebaikan bagi masyarakat, bangsa, negara, maka tiap 3 hari khatamkanlah Al-Quran seperti saat bu Nyai Sholichah Wahid Hasyim mengandung Gus Dur," kata dalam rangkaian acara kegiatan Maulidur Rasul Muslimat Jawa Timur dan Pelantikan PC Muslimat Surabaya di Jatim Expo International Convention Center, Jalan A. Yani Surabaya, Ahad (23/10/2022).

Menurut dia, ini ikhtiar batin atau spiritual untuk putra-putri sholeh yang akan mendatangkan kebaikan bagi masa depan bangsa.

"Jadi bukan cuma tentang zat besi, mencegah gizi buruk dan stunting. Ini juga harus ditambah dari sisi kesehatan spiritual agar sehat lahir batin,” jelasnya.

Baca Juga: Fadli Zon Lantik Pengurus DPD HKTI Jatim, Khofifah Dorong Gerakan Kembali ke Desa

Menurut Khofifh, komitmen Muslimat sangat tinggi terhadap kesehatan dan kesejahteraan ibu dan anak khususnya ibu hamil. Komitmen itu mengantarkan Muslimat mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia ().

Penghargaan ini meliputi pemecahan rekor oleh PP Muslimat , yaitu minum tablet zat besi (FE) oleh ibu hamil terbanyak dan komitmen ibu hamil mengkonsumsi makanan dengan nutrisi tinggi terbanyak sejumlah 10.158 orang yang dilakukan secara hybrid.

Baca Juga: Di Haul ke-13 KH Ahmad Zamachsyari, Khofifah Didoakan Lanjutkan Pimpin Jawa Timur

Kedua rekor tersebut diterima Gubernur yang juga Ketua Umum PP Muslimat .

Rekor tersebut masuk dalam rangkaian kegiatan Maulidur Rasul Muslimat Jawa Timur dan Pelantikan PC Muslimat Surabaya di Jatim Expo International Convention Center, Jalan A. Yani Surabaya.

menegaskan, rekor yang dicapai oleh Muslimat ini bukan hanya dalam taraf Indonesia saja, tapi juga internasional.

Baca Juga: Barisan Loyalis Gus Dur Lumajang Deklarasi Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

“Alhamdulillah hari ini telah dipecahkan rekor oleh Muslimat terkait hal mendasar yaitu penurunan stunting. Selain mengkonsumsi zat besi juga komitmen menjaga kehamilan agar ibu yang hamil tidak kurang gizi dan bayi yang dikandungnya sehat dan tidak kurang gizi saat lahir," kata .

Menurut , pencapaian rekor ini menjadi bukti bahwa Muslimat memberikan perhatian tinggi terhadap kesehatan dan kesejahteraan ibu dan anak khususnya ibu hamil agar melahirkan generasi bangsa yang unggul dan soleh. Salah satunya dengan pemberian zat besi bagi ibu hamil sebagai upaya mencegah gizi buruk dan stunting.

Baca Juga: Hari Batik Nasional 2024: Khofifah Ajak Masyarakat Bangga Berbatik

"Ada hal yang ibu-ibu sekalian lakukan, yaitu memberikan zat besi bagi ibu hamil. Ini menjadi bagian yang sangat penting karena di antara sumber daya manusia yang kita siapkan, kita hindarkan kemungkinan anak-anak kita lahir kurang gizi, sehingga dapat berujung pada stunting," ungkapnya.

Ia mengajak seluruh jajaran Muslimat dari pusat hingga ranting untuk saling memberikan perhatian terhadap ibu hamil di lingkungan sekitarnya. Hal ini untuk memastikan kecukupan gizi para ibu hamil telah terpenuhi.

"Saya minta seluruh anggota Muslimat sampai di jajaran ranting untuk rajin melihat keadaan sesama, supaya semua menerima gizi yang cukup," pinta Gubernur . (devi)

Baca Juga: Khofifah-Emil Disambut Ulama PWNU Jatim, Bahas Keumatan hingga Peningkatan Kualitas SDM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Gila NU dan Orang NU Gila, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (16)':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO