7 Makanan Penambah Trombosit untuk Obati DBD

7 Makanan Penambah Trombosit untuk Obati DBD Wortel merupakan salah satu makanan penambah trombosit DBD. (foto: pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Musim penghujan yang telah memasuki sebagian besar wilayah Indonesia, membuat masyarakat lebih waspada. Pencegahan yang lebih dini wajib Anda persiapkan agar tak mudah terserang penyakit, termasuk penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Genangan air yang disebabkan air hujan bisa menjadi ancaman karena akan menjadi sarang nyamuk berkembang biak. Lingkungan yang kotor menjadi pemicu penyebaran berbagai penyakit dapat terjadi dengan mudah.

Baca Juga: Terbantu Kacamata Gratis, Didik Warga Kota Kediri Puas dengan Layanan JKN

Ada banyak jenis nyamuk yang harus kita waspadai saat musim hujan sekarang ini.  atau adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Gangguan ini dapat berbahaya hingga menyebabkan resiko kematian, karena bisa menurunkan trombosit di dalam tubuh.

Trombosit atau yang biasa disebut keping darah berperan penting dalam proses pembekuan darah, mendeteksi kelainan, dan mendiagnosis berbagai penyakit karena gangguan pada penggumpalan darah.

Karena itu, gangguan yang ada pada trombosit harus segera diobati supaya tidak berakibat fatal. Mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan trombosit pada tubuh merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Ingin Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit? RSU Kusuma Pamekasan Perkenalkan Metode ILA WELA

Makanan Penambah Trombosit pada Tubuh

Saat penderita terserang demam berdarah, tubuhnya akan mengalami penurunan kadar trombosit. Jumlah trombosit yang terlalu rendah bisa berakibat mengalami beberapa gejala seperti: terdapat darah pada urine atau tinja, kulit lebih mudah memar, tampak ruam berwarna ungu kemerahan pada kulit, mudah lelah, kulit dan mata tampak lebih kuning, pendarahan pada gusi, limpa menjadi besar, dan sering mimisan. 

Penanganan medis harus segera dilakukan jika ingin menghindari trombosit rendah. Mengonsumsi makanan sehat ini bisa membantu meningkatkan jumlah trombosit. Berikut diantaranya:

Baca Juga: Anti Belang, ini Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif

1. Jambu Biji

Mengonsumsi jambu biji merupakan cara efektif yang dapat dilakukan untuk menambah jumlah trombosit pada saat tubuh terkena demam berdarah.

Buah ini mengandung zat aktif trombino yaitu zat yang mampu meningkatkan trombopoietin yang menghasilkan keping darah lebih banyak.

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim dan Menteri Kesehatan Resmikan Layanan Imunoterapi Kanker di RS Bhayangkara

Trombopoietin sendiri berfungsi sebagai pengatur utama produksi trombosit yang dihasilkan oleh ginjal dan hati.

Buah yang satu ini memang cukup dikenal bisa membantu seseorang yang terkena demam berdarah. Banyak penderita yang akan memakan langsung buah ini atau mengolahnya menjadi jus buah.

2. Kurma

Baca Juga: Eyebost Perkenalkan Vitamin Mata Eyebost Sebagai Solusi Jitu Jaga Kesehatan Mata

Kurma adalah tanaman palma dalam genus Phoenix yang dijadikan makanan pokok di daerah Afrika utara dan Timur Tengah.

Dalam kandungan terdapat banyak mineral, fitonutrien, dan vitamin yang baik bagi kesehatan. 

Vitamin K dalam dapat dipercaya meningkatkan trombosit. Selain itu buah yang satu ini juga mengandung vitamin B5, vitamin B3, vitamin B2, vitamin B1, vitamin C, dan vitamin A.

Baca Juga: Dinkes Situbondo: Kasus DBD Capai 309 Orang

Kurma mengandung kalsium, fosfor, magnesium, zinc, dan potasium.

3. Daun Pepaya

Selanjutnya ada daun pepaya yang dipercaya bisa menambah kadar trombosit pada tubuh. Rasa pahit pada daun pepaya juga dapat meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.

Baca Juga: Dinkes Banyuwangi Catat 4 Orang Meninggal Dunia Akibat DBD

Kamu dapat merebus daun ini selama kurang lebih 15 menit hingga terasa matang. Setelah itu, minumlah air rebusan daun pepaya beberapa sendok per hari.

4. Bayam

Sayur Bayam mengandung Vitamin K yang dapat meningkatkan trombosit.

Baca Juga: Cegah Penularan DBD, Dinkes PPKB Kota Madiun Imbau Masyarakat Lakukan PSN

Bayam juga mengandung Vitamin C dan beta karoten yang berperan dalam perlindungan terhadap perkembangan sel kanker.

Kamu dapat mengolah bayam dengan cara menjadikan sop atau meminum air rebusannya.

5. Makanan Kaya Vitamin B12

Saat penderita mengalami penurunan terhadap trombosit, maka penting untuk mengembalikannya dengan memperbanyak konsumsi vitamin B12.

 Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 diantaranya adalah telur, ikan, susu sapi, dan daging-dagingan.

6. Makanan Kaya Zat Besi

Zat besi mempunyai peranan penting dalam menambah kadar trombosit pada tubuh. Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah kerang hijau, kacang merah, tahu, dan hati sapi.

7. Wortel

Wortel adalah tumbuhan biennial atau salah satu jenis sayuran yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Bagian yang dapat dimakan dari sayuran ini adalah bagian umbi atau akarnya.

Sayuran yang dipercaya sebagai penambah trombosit ini mengandung Vitamin A, selain itu, Wortel mengandung kalium, serat, serta lengkap dengan antioksidan seperti likopen.

Berbagai zat gizi dalam sayur ini juga dipercaya dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.

Vitamin A pada wortel dapat mendukung produksi trombosit alias keping darah yang sehat. Ini karena vitamin A memiliki peran penting dalam pembentukan protein dalam tubuh.

Selain wortel, makanan yang mengandung vitamin A adalah labu, kangkung, dan kale. (git).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO